Home » Featured » 5 Karakter Baru di The Lego Movie 2: The Second Part

5 Karakter Baru di The Lego Movie 2: The Second Part

Written by Amanda Aayusya

the-lego-movie-2-characters

LEGO goes to space… betulkah begitu? Di The Lego Movie 2: The Second Part, sekuel dari film animasi The Lego Movie, dunia Lego tempat tinggal Master Builder Emmet Brickowski yang bernama Bricksburg telah berubah menjadi Apocalypseburg. Akibat invasi bangsa alien dalam bentuk Lego Duplo (mainan Lego untuk anak-anak balita), dunia mereka kocar kacir dan warganya berada di bawah ancaman Systar System yang dikuasai Queen Watevra Wa’Nabi. Ketika teman-teman Emmet – Lucy/Wyldstyle, Batman, Benny, Metalbeard dan Unikitty – dan dibawa ke Systar System oleh Jendral Sweet Mayhem, menjadi tugas Emmet lah untuk menyelamatkan mereka… dan juga menyelamatkan dunia Lego.

Emmet dan geng asli Bricksburg-nya akan bertemu berbagai karakter Lego yang baru muncul di sekuel garapan Mike Mitchell ini. Ada sejumlah karakter baru lain yang muncul, dari parodi Star-Lord dari Guardians Of The Galaxy sampai ke cameo selebriti dalam bentuk Lego. Ternyata berbagai karakter Lego baru yang muncul itu punya banyak cerita menarik di belakang layar… mari kita simak kisah kreasi karakter-karakter baru di The Lego Movie 2 ini.

Rex Dangervest

the-lego-movie-2-rex-dangervest1

Karakter ini disuarakan juga oleh Chris Pratt, pengisi suara Emmet. Rex terinspirasi dari karier Pratt sendiri; karakter ini adalah seorang “arkeolog, koboi, pelatih raptor yang membela galaksi” – semua pekerjaan yang mereferensikan karakter-karakter Pratt di Guardians Of The Galaxy, The Magnificent Seven dan Jurassic World. Bahkan rumor bahwa Pratt akan menjadi Indiana Jones baru pun direferensikan. Memang tim penulis dan produser The Lego Movie 2, Phil Lord dan Christopher Miller, mendapat idenya langsung dari sang aktor sendiri.

Pratt menjabarkan pada Digital Spy proses bermulanya karakter Rex: “Aku mengetahui sejak awal bahwa aku akan menyuarakan karakter kedua di film ini, dan aku membantu [para penulisnya] sedikit dengan berdiskusi bersama mereka selama proses penulisan naskahnya. Aku menyebutkan bagaimana aku merasa The Lego Movie pertama mirip dengan hidupku – bahwa Emmet adalah orang biasa yang mendapat kesempatan untuk jadi istimewa dan melakukan sesuatu yang luar biasa dan jadi pahlawan. Waktu film pertama itu sedang dibuat, aku dapat peran di Guardians Of The Galaxy, jadi aku – yang orang biasa saja – bisa melakukan sesuatu yang luar biasa. Maka itu aku melihat diriku sendiri di layar sebagai Emmet dan perasaan ini nyata, jadi aku berkata pada mereka, ‘Silakan kembali ke sana. Gali saja semua hal yang kalian inginkan dari hidupku sejak itu.’ Lalu mereka datang dan memberiku karakter ini [Rex Dangervest]. Kubilang, ‘Luar biasa.’”

Queen Watevra Wa’Nabi

the-lego-movie-2-queen-watevra-wanabi1

Tiffany Haddish mendapat kesempatan untuk menyuarakan Queen Watevra Wa’Nabi dari Systar System. Ia merupakan seorang shapeshifter yang bisa mengubah bentuknya jadi apa saja. Tapi karena itu, Queen Watevra Wa’Nabi memusingkan para filmmaker dan animatornya. Jika karakter The Lego Movie 2 kebanyakan mengikuti bentuk Lego Minifig, Queen Watevra betul-betul balok biasa tanpa bentuk. Di awal film, ia muncul sebagai kuda poni, tapi kemudian berubah jadi monster bermata tiga dengan tentakel.

Kata sutradara Mitchell pada Total Film, “Ia terdiri dari sejumlah balok Lego. Aslinya ia hanya beberapa balok tak berbentuk, tapi dengan jumlah balok yang terbatas itu ternyata kami bisa menmukan banyak bentuk-bentuk lain. Ia bisa berubah bentuk semaunya. Jadi ini luar biasa, super-kreatif dan juga super menantang. Karakter ini benar-benar bekerja pada tingkatnya sendiri dan ia tidak mengikuti aturan main.”

Kepala bagian animasi The Lego Movie 2, Trisha Gum, menjelaskan bahwa sequence apapun yang melibatkan sang ratu sulit untuk dianimasi karena “ia tidak memiliki satu poros di mana lengan dan kakinya bergerak dalam satu gerakan yang sama; ia hanya sebongkahan balok.” Semakin sulit bagi Gum dan para animator saat mereka harus membuat sequence musikal. “Mereka sangat menyenangkan, dan adegan-adegan musiknya adalah favoritku untuk dikerjakan. Tapi mereka semua sangat sulit untuk dibuat karena banyak sekali benda yang harus digerakkan… dan khususnya untuk Queen Watevra, dia harus berpose dengan cantik dan powerful.”

General Sweet Mayhem

the-lego-movie-2-sweet-mayhem1

Queen Watevra punya kaki tangan yang setial, yaitu Jendral Sweet Mayhem. Tapi jangan salah – walaupun namanya ‘Sweet’, karakter baru di dunia Lego Movie ini cukup menakutkan. Sutradara Mitchell menyebut karakter ini sebagai ‘Boba Fett-nya franchise Lego’. Kenapa bisa begitu? “Ini karakter favoritku,” ungkap Mitchell. “Bukan hanya karakternya yang cool, tapi dia juga punya pesawat yang cool bernama The Formidaball. Dia karakter yang sangat badass, hampir seperti Boba Fett. Ingat waktu di Lego Movie pertama, iam Neeson memainkan karakter good cop/bad cop? Sweet Mayhem adalah good cop/bad cop-nya Syster System.”

Mitchell melanjutkan bahwa desain Sweet Mayhem dilengkapi dengan helm dan sepatu roket yang keren. Tapi fitur paling unik di karakter ini adalah senjatanya. “Senjatanya berupa bintang dan hati yang ia lemparkan, yang terlihat imut-imut,” papar Mitchell. “Setiap hati dan setiap bintang punya wajah kecil di permukaannya, dan punya suara seperti balita 2 tahun. Waktu dilempar, hati itu akan berkomentar, ‘I love you’. Tapi kemudian akan meledak di wajahmu. Itu hal yang sangat mengusik sekaligus lucu.” Oke, itu agak menakutkan…

Batman & Justice League

the-lego-movie-2-batman

Lego Batman benar-benar mencuri perhatian di The Lego Movie sampai akhirnya ia punya film sendiri. Di The Lego Movie 2 Batman lagi-lagi jadi karakter penting, yang diincar oleh Queen Watevra. Dan, membuktikan bahwa hampir aktor-aktor yang bekerja di franchise ini sangat berinvestasi pada karakter mereka, Mitchell menjelaskan besarnya peran pengisi suara dalam membentuk karakter mereka.

“Setiap kalimat di dialog Batman diciptakan oleh Will Arnett. Tugasku jadi lebih mudah,” ungkap Mitchell. “Mereka sangat peduli pada karakter mereka dan mereka sangat kocak. Bukan hanya Batman, tapi semua karakter DC yang ada. Kami juga merekam suara Jason Momoa, yang memainkan Aquaman di sini. Ia tidak sabar untuk melakukan versi komedi dari karakternya. Kami beruntung bisa mendapatkan aktor-aktor asli yang main di film live action tentang karakter-karakter ini untuk datang dan mengisi suara karakter mereka sendiri. Mereka sangat ingin untuk bercanda dengan peran mereka itu. Jadi pengalaman ini luar biasa. Tidak ada batasnya.”

Selain Momoa, Margot Robbie mengisi suara Harley Quinn – karakter yang ia perankan di film live action Suicide Squad. Channing Tatum mengisi suara Superman, Jonah Hill mengisi suara Green Lantern dan Cobie Smulders mengisi suara Wonder Woman. Awalnya sempat tersiar kabar bahwa Gal Gadot, pemeran Wonder Woman di film live action-nya, akan mengisi suara Wonder Woman di sini, tapi kabar ini terbukti tidak benar. Smulders kembali mengisi suara Wonder Woman versi Lego, walaupun kata Mitchell, “Kami akan senang kalau ia mau datang dan mengisi suaranya.”

Celebrity Lego

the-lego-movie-2-velma

Sadarkah kalian kalau ada Bruce Willis versi Lego di The Lego Movie 2? Ya, Bruce Willis asli mengisi suara Bruce Willis versi Lego. “Kami bersyukur ia ternyata setuju untuk mengisi suaranya, karena kami sudah langsung menganimasi karakternya,” ungkap Gum pada USA Today. Mitchell menambahkan, “Ia merekam di studio. Ia sangat serius menanggapi minifig-nya merangkak di ventilasi udara. Semuanya jadi lebih lucu bagi kami.”

Penggemar basket pun akan mengenali karakter versi Lego dari Gary Payton, dari Seattle SuperSonics, dan Sherryl Swoopes dari WNBA, muncul di film ini dan disuarakan oleh orang-orang aslinya. “Chris Miller adalah fans berat Gary Payton,” jelas Mitchell. “Kami pun menggemari Sheryl. Kami merasa akan keren untuk memasukkan salah satu pemain basket wanita terhebat. Jadi kenapa tidak mereka ada di film ini?”

Tak ketinggalan, Velma dari serial dan film animasi Scooby-Doo tampil. Kenapa Velma dan bukan Shaggy atau Scooby-Doo sendiri yang tampil? “Dalam sebuah cerita dunia post-apocalyptic, tentu saja Velma lah satu-satunya yang akan selamat. Anak-anak yang lain tak akan mungkin selamat,” canda Mitchell. “Tapi setiap kali kami menayangkan filmnya, dengan kacamatanya dan sweater cokelatnya, semua orang mengenalinya.” Gum mengisi suara Velma, sementara Miller dan Mitchell pun kebagian peran-peran minor untuk disuarakan.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest