Home » Featured » 89th Academy Awards: Most Memorable Moments

89th Academy Awards: Most Memorable Moments

by Anishka Syafrani

89th-oscars-memorable-moments-HEADER

Drama dan air mata mewarnai malam penghargaan Academy Award ke-89. Acara yang dipandu oleh Jimmy Kimmel sukses menghibur penonton yang hadir di Dolby Theatre maupun mereka yang menyaksikan di rumah. All Film juga rela bangun pagi untuk menyaksikan siaran langsung dan semua benar-benar terbayarkan dengan penyajian hiburan yang sarat informasi.

Kimmel – meskipun bukan tanpa cela – melakukan pekerjaan baik dengan memberikan sajian humor ringan yang efektif. Tema politik tetap mengambil alih lampu sorot dan pesan para pemenang tersampaikan dengan baik, tapi yang akirnya menjadi buah bibir adalah insiden yang mewarnai kemenangan bersejarah Moonlight. Semuanya sukses membuat kami tertawa, menangis dan terkejut setengah mati.

Sesuai janji kami tahun lalu, All Film kembali mengulas momen-momen tak terlupakan sepanjang upacara. Sampai berjumpa kembali di Academy Award ke-90!

Penampilan Pembuka dari Justin Timberlake

89th-oscars-memorable-moments-jt-opening1

Dari boyband menuju panggung terbesar di dunia… Justin Timberlake membuka upacara dengan menyanyikan “Can’t Stop The Feeling” yang juga dinominasikan untuk Best Song. Ia sukses membuat semua tamu bergoyang termasuk Naomie Harris dan Denzel Washington! Meski tidak membawa pulang piala emas, Timberlake memenangkan hati penonton malam ini. (Watch!)

Cast Hidden Figures dan Katherine Johnson

89th-oscars-memorable-moments-katherine-johnson1

Hidden Figures memperkenalkan kita kepada tiga wanita yang hampir terlupakan dalam sejarah perjalanan luar angkasa Amerika: Katherine Johnson, Dorothy Vaughan dan Mary Jackson. Di perayaan Academy Awards ke-89, Johnson mewakili dua rekannya yang telah berpulang lebih dulu menjadi tamu kehormatan. Trio bintang utama Taraji P. Henson, Janelle Monae dan Octavia Spencer menyambut Johnson di atas panggung dan kehadiran pahlawan berusia 90 tahun ini mendapatkan standing ovation. Sungguh mengharukan! (Watch!)

Jimmy Kimmel vs Donald Trump

89th-oscars-memorable-moments-kimmel-vs-trump

Pembawa acara Jimmy Kimmel bersenang-senang dengan setiap monolognya yang menyinggung Presiden AS, Donald Trump. Pertama ia berterima kasih kepada Trump akibat ‘jasanya’ dalam menghapus #OscarsSoWhite. Lalu tiba-tiba di tengah acara, ia memakai ponselnya sambil berdiri di atas panggung untuk mengirimkan tweet kepada Trump! Kemudian Kimmel memberi penghormatan terhadap Meryl Streep yang dianggap Trump sebagai “aktris yang dipuji berlebihan” dengan meminta penonton memberikan “tepuk tangan yang tidak layak diterimanya.” (Watch!)

Momen-momen Lucu Jimmy Kimmel

89th-oscars-memorable-moments-kimmel-pawar1

Memang topik keragaman dan politik santer dibicarakan, tapi Jimmy Kimmel sanggup mengimbanginya dengan komedi ringan dan menghibur. Kimmel menggoda kandidat Best Director Damien Chazelle yang berusia 32 tahun: “Kalau kau menang malam ini, kau mendapat garansi diterima di perguruan tinggi manapun!” Kemudian adegan Kimmel menggendong aktor cilik Sunny Pawar dengan diiringi lagu Lion King sukses menjadi salah satu momen terkocak tahun ini!

Viola Davis Menang Best Supporting Actress

89th-oscars-memorable-moments-viola-davis

Jimmy Kimmel memang hanya bercanda ketika ia berkata, “Viola Davis baru memenangkan Emmy untuk berpidato!” Namun rasanya ini tidak berlebihan. Kita selalu bisa mengharapkan pidato kemenangan yang menggugah dari Viola Davis dan lagi-lagi ia membuat seluruh dunia berkaca-kaca. Kalimat pembuka “hanya ada satu tempat di mana orang-orang dengan potensi paling besar berkumpul: pemakaman.” Dalam satu pidato Davis menyorot pentingnya perwakilan, memberikan kesempatan untuk orang-orang kecil sekaligus menjunjung profesi aktor yang kadang diremehkan. All hail Queen Viola! (Watch!)

Permen dan Kue Jatuh dari Langit

89th-oscars-memorable-moments-candies-dropping

Upacara Oscar memang seru tapi juga berlangsung lama. Jimmy Kimmel membantu para tamu yang kelaparan dengan menghujani mereka dengan donut dan kue yang dijatuhkan dari atap. Ketika Taraji P. Henson tidak kebagian kue, ia meminta Octavia Spencer membagi kue miliknya.

89th-oscars-memorable-moments-candies-dropping2

Menurut kami, metode ini lebih efisien dan cantik daripada waktu Ellen pesan pizza di perayaan Oscar beberapa tahun lalu…

via GIPHY

Pidato Kemenangan Asghar Farhadi (Dari Jauh)

89th-oscars-memorable-moments-asghar-farhadi

Sutradara Iran Asghar Farhadi sempat terhalang visa untuk menghadiri upacara Oscar. Meski ia kemudian bisa terbang namun Farhadi memilih untuk tidak datang sebagai bentuk solidaritas kepada rekan-rekan senegaranya. Anousheh Ansari, insinyur dan orang Iran pertama yang pergi ke luar angkasa, mewakili Farhadi di atas panggung untuk menerima piala Best Foreign Language Film untuk The Salesman. Pidato Farhadi yang dibacakan oleh Ansari mengandung pesan mengenai kebijakan larangan pendatang Muslim memasuki AS yang “memisahkan dunia menjadi ‘kami’ dan ‘musuh kami’ dan menciptakan ketakutan.” (Watch!)

Kate McKinnon Strikes Back

89th-oscars-memorable-moments-mckinnon-bateman

Dari sekian banyak bintang yang meramaikan upacara dengan menjadi presenter, Kate McKinnon dan Jason Bateman sukses mencuri perhatian. Mereka bertugas mengumumkan pemenang untuk kategori teknik seperti kostum dan make-up. McKinnon memasuki panggung dengan gaya jalan yang sengaja berlebihan kemudian membandingkan make-up dengan ‘seni untuk mengakhiri perdebatan dengan pasangan’. Oprah Winfrey sudah mengatakannya lebih dulu: “Apakah ini terlalu cepat untuk memulai kampanye Kate McKinnon sebagai Oscar Host 2018?”

Pesan-pesan Penuh Inspirasi dan Pernyataan Politis

89th-oscars-memorable-moments-political-statements

Semua insan perfilman punya ceritanya masing-masing dan mereka memastikan untuk berbagi di salah satu siaran TV terpopuler di seluruh dunia. Gael Garcia Bernal naik ke panggung untuk mengumumkan pemenang Best Animation, tapi tidak sebelum ia mengecam pembangunan dinding di perbatasan Meksiko. Pun dengan trio Suicide Squad yang memenangkan Best Makeup and Hair Design. Alessandro Bertolazzi berseru, “Kemenangan ini untuk seluruh imigran!” Produser The White Helmets yang menang Best Documentary dalam pidatonya membacakan pernyataan Raed Saleh, pemimpin grup Syria Civil Defense. Saleh berterima kasih kepada filmnya yang menampilkan kerja keras mereka dalam menyelamatkan lebih dari 80 ribu nyawa warga Suriah.

Seth Rogen Cinta Back to the Future dan Hamilton

89th-oscars-memorable-moments-rogen-fox1

Seth Rogen tampak sangat menikmati malam Oscar. Dalam segmen di mana para aktor mengenang film favoritnya sepanjang masa, Rogen memilih Back To The Future yang dibintangi Michael J. Fox. Ia muncul di atas panggung bersama Fox mengendarai DeLorean (mobil alias mesin waktu yang dipakai di filmnya) serta mengenakan sepatu sneakers yang mirip dengan milik Marty McFly di film itu. Kocaknya, kemudian Rogen mengumumkan bahwa ia ingin mewujudkan ‘bucket list’ dengan menyanyikan lagu populer dari musikal Hamilton yang membuat Lin Manuel Miranda terbahak-bahak!

89th-oscars-memorable-moments-rogen-hamilton

Barry Jenkins & Tarell McCraney Menang Best Original Screenplay

89th-oscars-memorable-moments-jenkins-mccraney1

Moonlight lahir dari visi sutradara Barry Jenkins dan rekan penulisnya Tarell McCraney. Kemenangan mereka dirasa penting bagi Jenkins karena mewakili kaum minoritas. Ungkap McCraney, “Kami mencoba menunjukkan pada orang-orang kulit hitam atau cokelat, atau mereka yang masih bingung dengan gender, bahwa kami berusaha mewakili kalian dan diri kami sendiri.” Jenkins juga memasukkan pesan “untuk mencintai proses bukan hasil. Tapi aku sangat menginginkan hasil ini karena banyak sekali orang yang menyaksikan.” Satu lagi dari banyak pidato memorable di malam penghargaan Oscar tahun ini…

Jimmy Kimmel vs Matt Damon

89th-oscars-memorable-moments-kimmel-vs-damon1

Perang antara Jimmy Kimmel dengan ‘rival’ terbesarnya Matt Damon menjadi semakin panas di malam Oscar. Kimmel memanfaatkan statusnya sebagai pembawa acara dengan tidak memberikan sedikit pun kesempatan pada Damon untuk membalas. Misalnya waktu Kimmel iseng menjadi pemimpin orkestra untuk memotong kalimat Damon saat ia bertugas sebagai presenter bersama Ben Affleck. Wajah Damon terlihat pasrah… Tampaknya candaan yang sudah berlangsung lama ini tidak akan berhenti dalam waktu dekat! (Watch!)

Kebingungan Terbesar dalam Sejarah Academy Awards, alias Pengumuman Best Picture

89th-oscars-memorable-moments-best-picture

Momen yang satu ini mungkin tidak akan berhenti dibicarakan bahkan sampai tahun depan. Apa yang terjadi di klimaks upacara Oscar tahun ini, saat tiba waktunya untuk mengumumkan Best Picture, bisa dipastikan akan terus dikenang sepanjang sejarah Oscar. Warren Beatty dan Faye Dunaway mendapat kehormatan membacakan pemenang Best Picture; alasannya keduanya mendapatkan piala yang sama untuk Bonnie & Clyde. Namun karena suatu kesalahan janggal (yang kemudian diklaim sebagai kesalahan dari pihak PricewaterhouseCoopers) kartu nama pemenang yang dibawa Beatty adalah kartu untuk kategori Best Actress yang bertuliskan ‘Emma Stone, La La Land’! Insiden yang sungguh luar biasa, yang untungnya berakhir bahagia bagi Moonlight dan agak bittersweet bagi La La Land. Ah, Oscar… sungguh penuh drama dari awal hingga akhir!

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest