Home » Featured » 89th Academy Awards: Prediksi Pemenang

89th Academy Awards: Prediksi Pemenang

89th-academy-awards-predictions

by Anishka Syafrani

Kita semua telah menunggu momen ini untuk sekian lama: para pemenang Academy Awards ke-89 siap diumumkan pada Minggu malam ini di Amerika Serikat. Tahun ini para nominasi ajang penghargaan bergengsi tersebut menunjukkan satu hal: keberagaman yang kuat. Setelah kontroversi #OscarsSoWhite yang sempat mencoreng reputasinya, akhirnya muncul banyak kandidat kuat dari berbagai ras yang bisa pulang dengan piala emas berbentuk pria botak tersebut. Kini saatnya All Film memprediksikan siapa saja yang bisa meraihnya.

Seperti biasa kami mengukur peluang setiap kandidat berdasarkan catatan kemenangan masing-masing di Golden Globes, Critics Choice Awards, keempat ajang Guild Awards (Producers Guild, Writers Guild, Directors Guild, Screen Actors Guild) serta BAFTA Awards sejauh ini. Meskipun kemenangan belum bisa dipastikan sampai acara penghargaan itu berlangsung, tidak ada salahnya sekali lagi kita mengingatkan diri akan kenapa film-film nominasi Oscar tahun ini patut diperhitungkan.

Langsung saja klik setiap judul kategori untuk melihat nama-nama yang berpotensi tinggi untuk diumumkan sebagai pemenang di upacara Oscar yang bisa disaksikan Senin pagi hari di Indonesia via HBO Asia.

Animation

89th-academy-awards-animation-predicted

Nominees: Kubo and the Two Strings, Moana, My Life as a Zucchini, The Red Turtle, Zootopia

Hampir seluruh pemenang Best Animated Feature di Oscars juga mendapatkan nominasi di BAFTA. Fakta ini membuat peluang The Red Turtle dan My Life As A Zucchini semakin mengecil. Dua kandidat terkuat adalah Kubo milik Laika dan Zootopia dari Disney. Jika yang pertama unggul di BAFTA, judul kedua berjaya di Golden Globe, Critics Choice, dan Producers Guild Awards. Tapi bisakah Zootopia dengan total pendapatan 1 miliar dolar di seluruh dunia bisa mengungguli Kubo yang juga dinominasikan di kategori Best Visual Effect? Ingatlah Disney masih punya satu film lain, Moana, yang bisa saja membingungkan para juri dan memecah belah pilihan mereka. Tapi tetap saja Zootopia yang mengangkat tema politik berpotensi pulang dengan membawa piala.

Predicted Winner: Zootopia
Dark Horse: Kubo and The Two Strings

Screenplay (Adapted)

89th-academy-awards-screenplay-adapted-predicted

Nominees: Eric Heisserer (Arrival); August Wilson (Fences); Allison Schroeder, Theodore Melfi (Hidden Figures); Luke Davies (Lion); Barry Jenkins (Moonlight)

Moonlight dimasukkan ke kategori Original Screenplay oleh Writer’s Guild of America dan ia berhasil membawa pulang piala dari ajang WGA. Namun Oscars menetapkan skenario Barry Jenkins termasuk dalam kategori Adapted Screenplay. Maka pesaing terberat Jenkins di sini adalah Eric Heisserer yang dua kali menang, di WGA dan Critics Choice. Jangan lupakan juga Luke Davies yang berhasil menang di BAFTA lewat Lion. Namun tetap saja, berkat filmnya yang memukau, kami merasa Jenkins punya peluang paling besar di sini.

Predicted Winner: Barry Jenkins (Moonlight)
Dark Horse: Eric Heisserer (Arrival)

Screenplay (Original)

89th-academy-awards-screenplay-original-predicted

Nominees: Taylor Sheridan (Hell or High Water); Damien Chazelle (La La Land); Yorgos Lanthimos, Efthymis Filippou (The Lobster); Kenneth Lonergan (Manchester by the Sea); Mike Mills (20th Century Women)

Dua kandidat terkuat di kategori ini adalah Damien Chazelle dan Kenneth Lonergan. Keduanya berhasil menang di kategori Drama dan Musical Golden Globe. Chazelle kemudian melanjutkan kesuksesannya di Critics Choice sementara Lonergan unggul di BAFTA. Persaingan yang sangat ketat, namun kans Chazelle tampaknya sedikit lebih kuat karena faktor popularitas La La Land yang sangat sukses di musim penghargaan tahun ini.

Predicted Winner: Damien Chazelle (La La Land)
Dark Horse: Kenneth Lonergan (Manchester By The Sea)

Director

89th-academy-awards-director-predicted

Nominees: Damien Chazelle (La La Land); Mel Gibson (Hacksaw Ridge); Denis Villeneuve (Arrival); Barry Jenkins (Moonlight); Kenneth Lonergan (Manchester By The Sea)

Damien Chazelle menyapu bersih kategori sutradara terbaik di semua ajang penghargaan terbesar, termasuk Directors Guild Awards. Fakta bahwa juri DGA memilih Chazelle juga melancarkan jalannya menuju Oscars. La La Land adalah film keduanya setelah Whiplash, sutradara yang masih berusia 31 tahun ini sudah mencatat prestasi yang luar biasa. Sulit untuk mengatakan apakah ada sutradara lain yang bisa mematahkan dominasi Chazelle tahun ini, namun jika ada, kami memilih Barry Jenkins karena ia pun sutradara muda yang dinominasikan untuk film panjang kedua dalam kariernya dan Moonlight mendapat cukup banyak buzz di musim penghargaan tahun ini.

Predicted Winner: Damien Chazelle (La La Land)
Dark Horse: Barry Jenkins (Moonlight)

Actor (Supporting Role)

89th-academy-awards-supporting-actor-predicted

Nominees: Mahershala Ali (Moonlight); Jeff Bridges (Hell or High Water); Lucas Hedges (Manchester by the Sea); Dev Patel (Lion); Michael Shannon (Nocturnal Animals)

Mahershala Ali sementara ini unggul dengan dua kemenangan di Critics Choice Awards dan Screen Actors Guild Awards (secara mengejutkan ia dikalahkan oleh Aaron Taylor-Johnson di Golden Globe namun Taylor-Johnson tidak lolos ke Oscars). Ali mendominasi hampir di setiap ajang penghargaan kecuali BAFTA yang memilih Dev Patel sebagai aktor pendukung terbaik mereka. Faktor tuan rumah membuat Ali (lahir di Oakland) selangkah lebih maju dari Patel yang kelahiran London.

Predicted Winner: Mahershala Ali (Moonlight)
Dark Horse: Dev Patel (Lion)

Actress (Supporting Role)

89th-academy-awards-supporting-actress-predicted

Nominees: Viola Davis (Fences); Naomie Harris (Moonlight); Nicole Kidman (Lion); Octavia Spencer (Hidden Figures); Michelle Williams (Manchester by the Sea)

Ini kategori dengan nominasi aktor bukan kulit putih terbanyak di Academy Awards tahun ini, dengan Viola Davis, Naomie Harris dan Octavia Spencer sama-sama bersaing di kategori yang sama. Namun meskipun kita tak bisa melupakan juga kekuatan Nicole Kidman dan Michelle Williams, tampaknya Davis adalah kandidat terkuatnya. Ia sudah mengantongi kemenangan di BAFTA, Golden Globe, Critics Choice, dan Screen Actors Guild Awards. Setelah dua kali kurang beruntung di tahun 2009 (Doubt) dan 2012 (The Help), di nominasi ketiganya jalan Davis sedikit lebih lancar. Rasanya kita tinggal menghitung jam untuk bertemu dengan “Viola Davis, Pemenang Oscar.”

Predicted Winner: Viola Davis (Fences)
Dark Horse: Naomi Harries (Moonlight)

Actor (Leading Role)

89th-academy-awards-actor-predicted

Nominees: Casey Affleck (Manchester by the Sea); Andrew Garfield (Hacksaw Ridge); Ryan Gosling (La La Land); Viggo Mortensen (Captain Fantastic); Denzel Washington (Fences)

Mungkin ini kategori paling seru untuk ditebak pemenangnya karena tidak ada aktor yang dominan di sini. Casey Affleck unggul dengan dua koleksi piala Bafta dan Golden Globe. Ryan Gosling menang di kategori Musical Golden Globe, sementara Denzel Washington diakui di Screen Actors Guild Awards. Lalu jangan lupakan Andrew Garfield memenangkan Best Actor in Action Movie di Critics Choice. Sementara ini adalah nominasi kedua Viggo Mortensen setelah Eastern Promises (2007). Pintu kemenangan terbuka untuk siapa saja. Kami memprediksi Washington – yang sudah menang dua kali – bisa mendampingi lawan mainnya di Fences, Viola Davis, yang sepertinya tinggal selangkah lagi menang di kategori Best Supporting Actress. Tapi sebenarnya kami masih ingin aktor muda, seperti Gosling dan Garfield, bisa unjuk gigi…

Predicted Winner: Denzel Washington (Fences)
Dark Horse: Casey Affleck (Manchester By The Sea)

Actress (Leading Role)

89th-academy-awards-actress-predicted

Nominees: Isabelle Huppert (Elle); Ruth Negga (Loving); Natalie Portman (Jackie); Emma Stone (La La Land); Meryl Streep (Florence Foster Jenkins)

Seperti di kategori pria, Best Actress juga menjadi perlombaan ketat. Natalie Portman, Emma Stone, dan Isabelle Huppert semua mengantongi paling tidak satu kemenangan besar di musim penghargaan. Apakah juri Oscar akan terbawa dengan keceriaan La La Land dan memberikannya kepada Stone? Baru 2 tahun lalu Stone mendapat nominasi lewat Birdman. Huppert pun berpeluang besar dan Elle dianggap salah satu film terbaik dalam karirnya. Ada kalanya Oscars memberikan kesempatan kepada aktris negeri asing (contoh: Marion Cotillard dan Juliette Binoche) sehingga tahun 2017 bisa jadi giliran Huppert.

Predicted Winner: Isabelle Huppert (Elle)
Dark Horse: Emma Stone (La La Land)

Picture

89th-academy-awards-picture-predicted

Nominees: Arrival; Fences; Hacksaw Ridge; Hell or High Water; Hidden Figures; La La Land; Lion; Manchester by the Sea; Moonlight

Daftar tahun ini sungguh mengesankan. Film perang, film musikal, film sci-fi, hingga film yang mengupas kemiskinan warga kelas menengah, semua membuat kategori Best Picture menjadi sangat berwarna. La La Land menjadi kandidat terkuat dengan total 14 nominasi – sebelumnya Titanic meraih 11 kemenangan dari total 14 nominasi termasuk Best Picture. Tapi jangan remehkan kans Moonlight (9 nominasi). Ingat, drama jurnalisme Spotlight sanggup menang di tahun 2016 dengan saingan yang tak kalah berat! Jadi bisa saja Moonlight meneruskan kesuksesannya. Skenario yang bisa terjadi adalah Damien Chazelle mengalahkan Barry Jenkins di kategori Best Director namun Moonlight unggul di kategori Best Picture. Tapi tampaknya 2017 sudah menjadi milik para pemimpi.

Predicted Winner: La La Land
Dark Horse: Moonlight

Apakah Oscar tahun ini akan mengejutkan kita dengan mengumumkan pemenang-pemenang di luar dari dugaan kita? Untuk tahu jawabannya, jangan lupa pantau terus beritanya di website dan Twitter All Film.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest