Home » Featured » 90th Academy Awards: Prediksi Pemenang

90th Academy Awards: Prediksi Pemenang

90th-academy-awards-predictions

by Anishka Syafrani

Malam terbesar di Hollywood telah menanti kita. Academy Awards ke-90 siap digelar pada hari Minggu, 4 Maret 2018, di Amerika Serikat. Sesuai tradisi All Film di setiap tahunnya, kami mencoba memprediksi siapa saja yang akan dianugerahi kehormatan tertinggi di dunia perfilman.

Diskusi sudah mulai memanas: mulai dari peluang Get Out di tengah dominasi The Shape of Water dan The Shape of Water sampai ke pertanyaan apakah Timothee Chalamet di usianya ke-22 tahun mampu mengalahkan aktor veteran Gary Oldman. Untungnya, satu-satunya hal yang pasti di Oscar adalah ketidakpastian itu sendiri. Baik kejutan yang sengaja atau tidak disengaja (masih ingat kan kekeliruan yang melibatkan La La Land-Moonlight yang menghebohkan tahun lalu?), kita sebagai pencinta film bisa mengharapkan malam yang meriah dan tak terlupakan.

Simak prediksi All Film untuk pemenang Oscar ke-90 dengan klik setiap judul kategori. Jangan lupa saksikan upacara Academy Awards ke-90 di HBO Asia pada Senin pagi, 5 Maret 2018. Dimulai dengan Red Carpet Live pada 6.30 WIB, upacara Oscar ke-90 yang dipandu oleh Jimmy Kimmel akan ditayangkan mulai 8.00 WIB.

Animation

90th-academy-awards-animation-predicted

Nominees: Boss Baby; The Breadwinner; Coco; Ferdinand; Loving Vincent

Pixar dibeli Disney di tahun 2006 dan sejak itu studio raksasa ini terus mendominasi di kategori Best Animation. Monster’s Inc, Up, Finding Nemo… daftar pemenang Oscar yang dihasilkan Pixar sangat panjang. Tahun 2018, Lee Unkrich mendapatkan nominasi untuk ketiga kalinya lewat Coco. Film yang diangkat berdasarkan tradisi budaya Meksiko sukses merebut hati penonton dan kami menduga juri-juri Oscar juga ikut terpukau. Semenjak menang di Golden Globes, Coco banjir penghargaan. Yang terbaru adalah 11 kemenangan dari ajang Annie Awards ke-45 di bulan Februari. Fakta bahwa Coco juga mendapatkan nominasi Best Original Song untuk “Remember Me” juga cukup untuk menambah peluangnya. The Breadwinner yang merupakan cerita tentang gadis muda Muslim di Afghanistan adalah favorit kami sebagai kuda hitamnya; tak hanya temanya yang unik dan penuh jiwa female empowerment yang sedang naik di Hollywood, nama Angelina Jolie sebagai produser eksekutif juga bisa membantu peluangnya.

Predicted Winner: Coco
Dark Horse: The Breadwinner

Screenplay (Adapted)

90th-academy-awards-screenplay-adapted-predicted

NomineesCall Me by Your Name (James Ivory); The Disaster Artist (Scott Neustadter, Michael H. Weber); Logan (Scott Frank, James Mangold, Michael Green); Molly’s Game (Aaron Sorkin); Mudbound (Virgil Williams, Dee Rees)

Tidak perlu bimbang di kategori ini. Call Me By Your Name, novel terlaris karya André Aciman, diangkat ke layar lebar oleh Luca Guadagnino berdasarkan naskah adaptasi yang ditulis James Ivory. Di usianya ke-89, Ivory mencatat rekor sebagai nominator tertua pria sepanjang sejarah Oscar. Ini adalah nominasi pertama Ivory untuk kategori Screenplay setelah tiga kali gagal menang di kategori Best Director. Ivory sudah mengantongi kemenangan di BAFTA, WGA, dan Critics’ Choice. Peluangnya tak bisa lebih besar lagi dari ini. Kandidat yang berpotensi mengancam posisinya adalah Virgil Williams dan Dee Rees yang banyak dipuji lewat Mudbound.

Predicted Winner: Call Me by Your Name (James Ivory)
Dark Horse: Mudbound (Virgil Williams, Dee Rees)

Screenplay (Original)

90th-academy-awards-screenplay-original-predicted

NomineesThe Big Sick (Emily V. Gordon, Kumail Nanjiani); Get Out (Jordan Peele); Lady Bird (Greta Gerwig); The Shape of Water (Guillermo del Toro, Vanessa Taylor); Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (Martin McDonagh)

Dibandingkan kategori naskah adaptasi, kategori naskah orisinal adalah salah satu kategori paling sulit diprediksi. Kelima naskah orisinal yang lolos seleksi tahun ini layak mendapatkan kehormatan. Semua film-film di atas memberikan dampak emosional dan punya peran penting dalam usahanya mengupas isu sosial, rasisme, dan kriminalitas seksual. Siapa di antara mereka yang selangkah di depan? Lady Bird awalnya diunggulkan namun dikalahkan oleh Get Out di Writers Guild Award. Semenjak itu Get Out dan Three Billboards yang menang di BAFTA sama-sama memiliki kans besar. Intuisi kami mengatakan keberuntungan berada di pihak Martin McDonagh dalam upacara Oscar nanti.

Predicted Winner: Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (Martin McDonagh)
Dark Horse: Get Out (Jordan Peele)

Director

90th-academy-awards-director-predicted

Nominees: Christopher Nolan (Dunkirk); Jordan Peele (Get Out); Greta Gerwig (Lady Bird); Paul Thomas Anderson (Phantom Thread); Guillermo del Toro (The Shape of Water)

Pertama-tama, selamat kepada Greta Gerwig yang menjadi wanita kelima dalam sejarah Oscar yang dinominasikan dalam kategori Best Director. Kesempatan Gerwig menang cukup tinggi mengingat Hollywood sudah mulai mengakui perlunya kesetaraan gender dalam industri film. Namun tak dapat dibantah bahwa Christopher Nolan mempersembahkan teknik film tingkat tinggi di Dunkirk. Film Perang Dunia II yang dikemas dengan epik ini sukses memberikan nominasi Best Director pertama bagi Nolan. Sayangnya, ada pesaing yang lebih kuat lagi, yaitu Guillermo del Toro. Piala Golden Globes, DGA, Bafta membuktikan del Toro bisa mengunci kemenangannya tahun ini. Jika prediksi ini benar, maka del Toro dapat menyusul jejak dua sahabatnya sesama sutradara asal Meksiko: Alfonso Cuarón dan Alejandro González Iñárritu yang sudah lebih dulu menang Best Director. The Three Amigos – julukan trio ini – siap-siap untuk berpesta!

Predicted Winner: Guillermo del Toro (The Shape of Water)
Dark Horse: Christopher Nolan (Dunkirk)

Actor (Supporting Role)

90th-academy-awards-actor-supporting-predicted

Nominees: Willem Dafoe (The Florida Project); Woody Harrelson (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri); Richard Jenkins (The Shape of Water); Christopher Plummer (All the Money in the World); Sam Rockwell (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)

Di mana Frances McDormand menang, di situ ada aktor pendampingnya Sam Rockwell yang pulang dengan pialanya sendiri. Rockwell bersaing ketat dengan keempat nominasi lainnya termasuk sesama bintang Three Billboards, Woody Harrelson. Namun Willem Dafoe yang tampil mengesankan di The Florida Project – film indie favorit tahun lalu – juga tak dapat diremehkan. Nominasi ketiga Dafoe bisa menjadi kemenangan pertamanya. Di atas kertas Rockwell tampak lebih kuat, tapi Dafoe jadi unggulan kami untuk mencuri kesempatan di Oscar (dan karena kami mengharapkan setidaknya ada 1 kejutan di kategori akting).

Predicted Winner: Sam Rockwell (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)
Dark Horse: Willem Dafoe (The Florida Project)

Actress (Supporting Role)

90th-academy-awards-actress-supporting-predicted

Nominees: Mary J. Blige (Mudbound); Allison Janney (I, Tonya); Lesley Manville (Phantom Thread); Laurie Metcalf (Lady Bird); Octavia Spencer (The Shape of Water)

Kategori aktris pendukung adalah salah satu kategori paling ketat. Pendapat kritikus terbelah dua: beberapa mendukung Allison Janney, lainnya mendukung Laurie Metcalf. Namun penampilan Mary J. Blige dan Lesley Manville juga tak kalah kuat. Terlebih, ini adalah nominasi Oscar ketiga untuk Octavia Spencer yang menjadikannya setara dengan Viola Davis (yang menang tahun lalu), aktris Afrika-Amerika dengan nominasi Oscar terbanyak sepanjang sejarah. Siapapun bisa menjadi pemenang. Namun Janney yang mengantongi piala Golden Globes dan Screen Actors Guild Awards kemungkinan akan berjaya.

Predicted Winner: Allison Janney (I, Tonya)
Dark Horse: Laurie Metcalf (Lady Bird)

Actor (Leading Role)

90th-academy-awards-actor-lead-predicted

Nominees: Timothée Chalamet (Call Me By Your Name); Daniel Day Lewis (Phantom Thread); Daniel Kaluuya (Get Out); Gary Oldman (Darkest Hour); Denzel Washington (Roman J. Israel, Esq.)

Timothée Chalamet mencuri hati semua orang – baik wanita maupun pria – lewat penampilannya di Call Me By Your Name dan Lady Bird. Paling tidak tahun ini menjadi tahun tak terlupakan dan awal masa depan cemerlang bagi Chalamet. Karena sepertinya, kategori ini sudah hampir pasti menjadi milik Gary Oldman. Penampilannya sebagai Winston Churchill di Darkest Hour menyapu bersih hampir semua piala Best Lead Actor di ajang-ajang terbesar. Yang sanggup mengusik posisinya adalah Daniel Day Lewis, sang maestro akting yang disukai para voters di Academy Awards berdasarkan hasil-hasil sebelumnya. Apakah rumor bahwa Phantom Thread adalah film terakhir Lewis dalam kariernya dapat menggoyahkan hati para juri Oscar? Kita nantikan saja.

Predicted Winner: Gary Oldman (Darkest Hour)
Dark Horse: Daniel Day Lewis (Phantom Thread)

Actress (Leading Role)

90th-academy-awards-actress-lead-predicted

Nominees: Sally Hawkins (The Shape of Water); Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri); Margot Robbie (I, Tonya); Saoirse Ronan (Lady Bird); Meryl Streep (The Post)

Wanita membuktikan mereka adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Sally Hawkins, Margot Robbie, Saoirse Ronan, Meryl Streep dan Frances McDormand memberikan penampilan tak terlupakan tahun ini. Dua nama dengan peluang terbesar adalah Sally Hawkins dan Frances McDormand. The Shape of Water menampilkan Hawkins sebagai Elisa, wanita bisu yang profesinya sederhana namun di balik penampilannya adalah wanita yang penuh gairah kehidupan. Three Billboards menampilkan McDormand sebagai Mildred, seorang ibu yang menyewa tiga billboard dalam upaya menemukan petunjuk untuk memecahkan kasus pembunuhan putrinya. Kami setengah berharap piala Oscar bisa dibagi dua. Tapi jika harus terpaksa memilih, McDormand bisa unggul dari Hawkins.

Predicted Winner: Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)
Dark Horse: Sally Hawkins (The Shape of Water)

Picture

90th-academy-awards-picture-predicted

Nominees: Call Me By Your Name; Darkest Hour; Dunkirk; Get Out; Lady Bird; Phantom Thread; The Post; The Shape of Water; Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Penjurian di kategori Best Picture selalu menyulut diskusi panas. Seluruh nominasi sanggup menginspirasi penonton namun tidak pernah menyampaikan pesan yang sama. Ini salah satu alasan kenapa Best Picture paling banyak mendapat perhatian. Dengan total 13 nominasi, secara otomatis The Shape of Water menjadi yang terdepan. Tapi beberapa film bisa saja sanggup menyabet piala dari tangan Guillermo del Toro: Get Out, Call Me By Your Name, The Post… Tentu saja Three Billboards Outside Ebbing, Missouri adalah kuda hitam terkuat untuk menyaingi film GdT. Film ini menang di semua penghargaan besar di kategori Best Picture, meskipun Producers Guild Awards tahun ini memilih The Shape Of Water sebagai pemenang. Apakah kesuksesan PGA masih jadi jaminan menang di Oscar? Kita lihat saja nanti. Yang pasti, semua film di kategori ini memiliki dukungan fans kuat. Siapapun yang menang, penonton sudah terhibur oleh para nominasi yang cemerlang.

Predicted Winner: The Shape of Water
Dark Horse: Three Billboards Outside Ebbing, Missouri


Sudahkah kau membuat prediksimu sendiri tentang siapa yang akan membawa piala emas itu pulang di acara penghargaan film terbesar tahun ini? Jangan lupa untuk temukan jawabannya di situs dan Twitter All Film Senin pagi nanti.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest