Home » Featured » A Gift – Review

A Gift – Review

Tribute to the king

All Film Star Rating 9

DSC07519resize

Thailand dikenal sebagai satu dari sedikit negara tersisa di dunia yang masyarakatnya masih sangat menghormati rajanya, termasuk pada raja terakhirnya, almarhum Bhumibol Adulyadej. Namun tak hanya sekadar pemimpin monarki, Raja Bhumibol juga adalah seorang musisi. Maka saat sebuah film dibuat untuk memberikan penghormatan pada karya-karya musik sang raja, penggarapannya tak mungkin main-main dan hanya menjadikannya sebagai gimmick. Dan rumah produksi GDH 559 (dulu GTH) sekali lagi tampil mengesankan dengan mampu memberikan tambahan nyawa dan hati pada karya-karya Raja Bhumibol lewat A Gift.

DSC01629resize

Film ini terbagi menjadi tiga segmen, pertama ada “Love at Sundown” yang bercerita tentang Beam (Nine Naphat) dan Pang (Violette Wautier), dua orang asing yang dipertemukan dalam gladi resik sebuah acara karena mereka harus berperan sebagai duta besar Rusia dan istrinya. Momen ini dimanfaatkan Beam untuk mendekati Pang. Lalu ada segmen “Still on My Mind” yang bercerita tentang Fa (Mew Nittha), pekerja event organizer yang memutuskan berhenti karena harus merawat ayahnya yang menderita Alzheimer setelah sang ibu meninggal. Sadar jika lagu yang dimainkan sang ibu lewat piano jadi kenangan terindah yang masih tersimpan di memori sang ayah, ia meminta Aey (Sunny Suwanmethanont), tukang setem piano langganan ibunya, untuk memperbaiki pianonya yang rusak. Terakhir ada segmen “New Year Greeting” yang bercerita tentang Llong (Ter Chantavit), mantan vokalis band rock yang menyerah dengan cita-citanya dan memutuskan untuk bekerja kantoran. Mengetahui latar belakang musiknya, rekannya di kantor, Kim (Noona Neungthida), mengajak untuk bergabung dengan band kantor yang biasa bermain selepas jam kerja.

Dengan luar biasa, ketiga segmen ini mampu memberikan rasa dan mood yang berbeda: Romantisme remaja yang manis, drama keluarga yang sangat menyentuh dan komedi konyol yang sangat kocak. Tapi hebatnya lagi, ketiga segmen ini tetap mampu saling menjahit diri satu sama lain, sehingga tetap terasa sebagai satu kesatuan film yang utuh dan memiliki benang merah yang sama dalam memberikan rasa yang sangat heart-warming. Transisinya juga brilian, belum habis tangis haru kita pada satu segmen, tiba-tiba kita sudah disuguhi adegan sangat lucu dari segmen lainnya yang membuat tertawa terbahak-bahak. Emosi kita rasanya memang seperti dimainkan, tapi itu juga membuktikan jika film ini memiliki paket emosi yang komplet.

DSC06882resize

Chemistry para pemainnya menjadi mesin penggerak utama setiap segmennya. Mereka mampu mengeksekusi naskah solid yang mereka dapatkan dengan pas. Dialog-dialognya penuh makna dan simbol, tapi tak pernah terasa berusaha untuk menjadi berat, baik di saat paling menyentuh hingga paling komedi. Tapi kontribusi terbesar pada setiap segmen tetap datang dari para sutradaranya. Chayanop Boonprakob dan Kriangkrai Vachirataporn membuat segala bujuk rayu Beam dan respon Pang jadi sesuatu yang menggemaskan sekaligus meluluhkan hati. Nithiwat Tharatorn membuat dinamika hubungan Fa dengan ayahnya jadi sangat menyentuh, tanpa harus jadi drama yang mendayu-dayu. Sementara Jira Maligool menghadirkan gurauan-gurauan yang terasa segar, orisinal, serta dengan gaya dan pacing yang cukup stylish.

Satu lagi yang penting, ternyata Raja Bhumibol memang musisi yang sangat berbakat dan divisi musik film ini telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mengaransemennya kembali. A Gift adalah cara terbaik untuk menghormati sang raja yang telah menghadiahkan karya-karya musiknya ini untuk rakyatnya, dan berkat film ini, kita yang bukan rakyatnya sekalipun jadi bisa ikut menikmatinya. Krishna Mahendra

Nutshell Setiap segmennya mampu memberikan rasa dan mood yang berbeda: Romantisme remaja yang manis, drama keluarga yang sangat menyentuh dan komedi konyol yang sangat kocak. Ketiganya pun dijahit dengan sangat baik untuk jadi satu film yang utuh. Sebuah film dengan paket emosi yang komplet.

Rating PG-13 Director Chayanop Boonprakob, Kriangkrai Vachirataporn, Nithiwat Tharatorn, Jira Maligool Screenplay Chayanop Boonprakob, Kriangkrai Vachirataporn, Nithiwat Tharatorn, Jira Maligool Cast Nine Naphat, Violette Wautier, Mew Nittha, Sunny Suwanmethanont, Ter Chantavit, Noona Neungthida Running time 144 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest