Home » Featured » All The Money in the World – Review

All The Money in the World – Review

The absurd  world of Getty & Co.

All Film Star Rating 7all-the-money-in-the-world

Film ini diangkat dari kisah nyata penculikan J Paul Getty III (Charlie Plummer) yang merupakan cucu dari J. P. Getty (Christopher Plummer), salah satu orang terkaya di dunia pada masanya dan merupakan pendiri perusahaan Getty Oil. J. P. Getty menolak permintaan uang tebusan sebesar 17 juta dolar dari para penculik. Ia berdalih jika ia memberikannya, maka ia harus siap-siap untuk menebus cucu-cucu atau anggota keluarganya yang lain yang diculik di masa depan.

Sebuah pemikiran yang bisa dikatakan gila dari orang yang sebetulnya memiliki uang jauh lebih banyak dari sekadar 17 juta dolar. Mantan menantunya, Gail (Michelle Williams), menyebut jika ia bisa meraup uang sebanyak itu kurang dari satu bulan. Sebetulnya Getty mengaku kepada Fletcher Chase (Mark Wahlberg), orang yang ia minta untuk menyelidiki kasus penculikan ini, bahwa ia mencintai Paul. Bahkan ia berniat untuk mewariskan semua  yang ia miliki kepada sang cucu. Dari awal, kita juga bisa melihat hubungan yang tak biasa antara Getty senior dan anaknya, Getty junior (Andrew Buchan).

Di beberapa adegan, sutradara Ridley Scott mampu menampilkan detail-detail yang cukup menggambarkan keanehan jalan pikiran Getty senior. Di momen-momen lainnya, ia juga bisa membuat adegannya jadi cukup dramatis.

allthemoney1

Sebelum dirilis, film ini lebih banyak dibahas karena keputusan sang sutradara untuk mengganti Kevin Spacey dengan Plummer akibat kasus pelecehan seksual yang dituduhkan kepada Spacey. Dan keberanian Scott tersebut memang berbuah manis. Plummer tampil memukau sebagai sang miliarder yang nyentrik, aneh, sekaligus rapuh. Dengan mulus ia menampilkan jalan pikiran Getty yang sangat sulit ditebak. Penampilannya bisa membuat orang lupa bahwa ia bergabung dengan proyek ini di saat-saat terakhir.

Selain Plummer, yang bersinar di film ini adalah Williams. Ketegaran dan kekuatan Gail di sepanjang film dapat terpancar dengan kuat berkat penampilannya.  Sementara yang tampil kurang istimewa justru Wahlberg. Penampilannya terasa sungguh monoton karena hanya mengingatkan kita pada karakter-karakter yang pernah ia perankan di film lain.

Kepiawaian akting dan penyutradaraan di film ini terbukti lewat nominasi yang diperoleh di ajang-ajang bergengsi. Plummer berhasil mendapatkan nominasi di ajang Golden Globe dan juga British Academy Film Awards. Sementara Williams mendapatkan nominasi Best Actress dan Scott mendapat nominasi Best Director di ajang Golden Globe. Fariz Budiman

Nutshell Scott berhasil menyajikan salah satu babak kehidupan dari salah satu keluarga yang paling kaya sekaligus sedikit nyentrik dengan dramatis. Plummer sudah jarang berakting, tapi ia tak pernah lupa bagaimana menyajikan penampilan yang bagus.

Rating R Director Ridley Scott Screenplay David Scarpa Cast Christopher Plummer, Michelle Williams, Mark Wahlberg Running time 133 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest