Home » Featured » Bad Genius – Review

Bad Genius – Review

Thriller in classroom

All Film Star Rating 9BTS#2 0009resize

Lynn (Chutimon  “Aokbab” Chuengcharoensukying) adalah pelajar genius yang biasa memberikan sontekan pada dua teman sekelasnya, Grace (Eisaya Hosuwan) dan Pat (Teeradon Supapunpinyo). Lynn kemudian melihat peluang mendapatkan jutaan baht dengan mengikuti ujian STIC (SAT) di Australia, di mana perbedaan zona waktu membuatnya dapat memberi bocoran jawaban pada para peserta ujian di Thailand. Untuk menjalankannya, Lynn harus berkolaborasi dengan rivalnya yang sama geniusnya, Bank (Chanon Santinatornkul).

Plotnya memang sederhana, tapi ini sama sekali tak membosankan. Berkat arahan sutradara Nattawut Poonpiriya, film ini punya nilai hiburan dan estetika yang sangat tinggi. Hal paling brilian yang dilakukannya adalah dalam mentransformasikan ujian di dalam kelas yang sebenarnya adalah salah satu kegiatan yang paling membosankan di dunia nyata jadi atraksi dengan ketegangan tingkat tinggi. Situasi yang dihadapi Lynn dan Bank memang jauh dari hidup-mati, tapi rasa berdebar yang diberikan pada penonton tak kalah dari thriller paling suram sekalipun. Sulit untuk duduk tenang saat mereka terus berusaha mengelabui pengawas ujian.

Lewat editing yang memikat, film ini juga jadi telihat sangat stylish. Trik-trik yang dilakukan sang pemberi dan penerima sontekan ditangkap dengan beragam shot keren, seperti tak kalah dengan yang dilakukan para pencuri handal di film heist yang rumit. Tak kalah solid adalah naskahnya yang turut ditulis Poonpiriya. Sungguh terasa jika mereka telah melakukan riset yang dalam tentang peraturan ujiannya. Perubahan yang dialami para karakternya, terutama Lynn dan Bank, di sepanjang film cukup menarik dan lumayan tak terduga di bagian akhirnya.

Pujian tersendiri harus disematkan pada  Aokbab yang baru memulai debut aktingnya di sini. Ia mampu menampilkan sisi Lynn yang tenang dan genius, tapi kemudian kepanikannya bisa terpancar keluar dari layar dan seperti menularkannya pada penonton. Yeah, menyontek memang tak pernah seseru ini! Krishna Mahendra

Nutshell Sama seperti karakter utamanya, Poonpiriya juga sangat genius dalam membuat aksi menyontek di kelas jadi sangat menegangkan, stylish dan menghibur.

Rating PG-13 Director Nattawut Poonpiriya Screenplay Nattawut Poonpiriya, Tanida Hantaweewatana, Vasudhorn Piyaromna Cast Chutimon  Chuengcharoensukying, Chanon Santinatornkul, Eisaya Hosuwan, Teeradon Supapunpinyo Running time 130 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest