Home » Featured » Captain Phillips

Captain Phillips

Pirates of Somalia: craft of the Greengrass

captain_phillips_movie-600x350

MESKIPUN KAMI SENANG bercanda tentang menantikan kemunculan Jack Sparrow di Captain Phillips, nyatanya film petualangan bajak laut Johnny Depp itu jauh berbeda dari film Paul Greengrass ini. Tak seperti Kapten Jack, kapten yang namanya menjadi judul film ini tidak lucu, tidak charming dan membosankan – seorang pria biasa yang bekerja untuk perusahaan Maersk Alabama yang kurang ramah. Ketika kapalnya diserang oleh bajak laut Somalia, Greengrass memiliki tugas yang berat untuk menjadikan tokoh milik Tom Hanks itu heroik.

Untungnya ia cukup berhasil dalam hal ini, terutama berkat casting-nya. Seperti yang diharapkan, Hanks menyampaikan penampilan yang tulus dan jujur secara emosional. Ia memainkan sang kapten lurus sampai akhir, ketika emosi itu sudah tak tertahan lagi dan segera meluap. Tapi penampilan ini pun bisa terjadi karena kuatnya lawan main Hanks: Barkhad Abdi, aktor Somalia-Amerika tak dikenal yang memainkan si pembajak Muse.

Bahwa Abdi tak dikenal membuat Muse menjadi semakin krusial. Baik penampilannya maupun tokohnya tak bisa ditebak. Seorang maverick, bahkan di antara teman-teman sesama pembajaknya, Muse berani menantang tentara AS, sampai dibutuhkan tim Navy SEAL khusus untuk mengatasi situasi di laut itu. Sungguh menyegarkan melihat talenta baru yang bisa menyamakan kedudukan di layar dengan Hanks.

Para bajak laut Somalia itu memiliki sisi lain dari kepribadian atau cerita mereka. Orang-orang ini hanya butuh uang dan harta karun, tidak ada dimensi lain.  Mungkin ini adalah kelemahan di naskah Billy Ray tapi mengingat kekacauan besar yang sudah mereka timbulkan terhadap sebuah kapal besar dengan bantuan 1 kapal kecil saja, mereka sudah cukup berkesan. Greegrass seakan-akan mengisyaratkan bahwa uang sebanyak apapun dan prosedur serapi apapun tidak akan bisa menyelamatkan nyawa.

Dan nyawa Phillips memang berada di ujung tanduk. Sejak searangan terjadi, ketegangan tinggi memenuhi setiap layar. Shots jarak dekat dari kamera DoP Barry Ackroyd yang menimbulkan klaustrofobia. Kamera tak hanya bergoyang untuk tapi setiap frame-nya juga penuh dengan detail menyesakkan. Tanpa gambar glossy, film ini membuat film-film Bourne menjadi produk Hollywood yang glamor dan hampa.

Tapi Greengrass agak lupa diri dalam memakai sinematografi semacam itu. Ia memiliki pesan besar tentang kesenjangan sosial dan kapitalisme di sini tapi hal itu agak terlewatkan karena kita terlalu sibuk berjuang untuk tidak mabuk laut. Di sisi lain, kau tak lagi harus membayangkan apa rasanya ditangkap bajak laut di kehidupan nyata: cukup tonton saja film ini. Amanda Aayusya

THE VERDICT Greengrass tidak perlu banyak untuk menguras emosi dan tenaga dari kita di Captain Phillips. Cukup Tom Hanks, para pemuda Somalia dan lautan luas untuk menciptakan film bertegangan tinggi yang patut diperhitungkan.

Certificate PG-13 Director Paul Greengrass Starring Tom Hanks, Barkhad Abdi, Faysal Ahmed, Mahat M Ali, Barkhad Abdirahman Screenplay Billy Ray Running time 134 mins

rate_4star

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest
  • Hendra

    congratulation buat web nya keren bisa baca review singkatnya