Home » Featured » Daftar Alien di Valerian and The City of a Thousand Planets

Daftar Alien di Valerian and The City of a Thousand Planets

Bujet besar proyek ambisius Luc Besson dipakai untuk menciptakan karakter alien

by Anishka Syafrani
(Additional Reporting: Amanda Aayusya)

valerian-aliens-luc-besson-list

Musim panas sampai di ujung dan parade film-film blockbuster segera berakhir. Tapi sebelum itu,
ada Valerian And The City Of A Thousand Planets. Ini adalah adaptasi layar lebar dan live-action pertama dari seri komik Perancis yang berakhir di tahun 2010. Luc Besson menulis, menggarap, dan memproduksi film melalui perusahaan miliknya, EuropaCorp. Tercatat sebagai film termahal yang pernah diproduksi Perancis, Valerian mungkin menjadi pertaruhan terbesar dalam karier Besson.

Namun ini bukan tanpa alasan. Dana melebihi 180 juta dolar sebagian besar dihabiskan untuk efek visual dan CGI karena Valerian memiliki salah satu universe terkaya di genre sci-fi. Seperti kata Besson: “Film ini punya 10 aktor dan sekitar 100 alien.” Besson memimpin tim desain yang terdiri dari 900 orang kru untuk menghidupkan dunia ciptaan Jean-Claude Mézières dan Pierre Christin. Film mengikuti petualangan Valerian (Dane DeHaan) dan Laureline (Cara Delevigne), dua orang agen penjelajah ruang dan waktu. Dalam salah satu kasus yang mereka tangani, mereka bertugas menjaga kota Alpha yang dihuni 17 juta penduduk dari berbagai sudut galaksi.

“Alpha Station diatur ke dalam beberapa area untuk menampung sekitar 8000 spesies. Daerah selatan disebut gasland karena semua makhluk di sana hidup dengan gas. Di daerah barat tinggal manusia dan rekan-rekannya. Di bagian utara adalah aqualand – banyak sekali hal-hal aneh di sana!” jelas penjelasan Besson. Namun tak semua makhluk bersahabat. Ketika sosok asing mengganggu ketertiban warga, Valerian dan Laureline harus menghentikannya.

Simak penjelasan Besson tentang beberapa makhluk fantastis yang akan kau temui di Alpha. Kami mengulasnya untuk memandumu berpetualang di Seribu Planet!

KCP02

valerian-kcp02

Pertama kali melihat KCP02 mungkin makhluk ini luput dari pandanganmu. Meski dari luar tampak seperti robot tapi KCP02 itu sendiri ada di dalam tabung berisi cairan di bagian perut robot. Aslinya KCP02 berbentuk mirip ubur-ubur sehingga mereka harus menggunakan bantuan robot untuk memungkinkan mereka bergerak dan berbicara. Inilah salah satu makhluk aneh yang Besson maksud berasal dari aqualand!

Kortan Dahuk

valerian-kortan-dahuk

Alien ini bertubuh besar dan berwarna-warni berasal dari planet Kas-ônar. Cinta damai dan menjalin hubungan baik dengan berbagai macam spesies lain, Kortan Dahuk dianggap sebagai duta yang sangat dihormati di kota Alpha. Kortan Dahuks memiliki peta yang memandu mereka untuk mencari lubang transportasi di universe. Kau bisa masuk dan keluar dari lubang di tempat-tempat lain, hampir seperti teleportasi, dan tidak jauh berbeda dengan manusia dan alien di Star Trek, mereka pun pergi ke mana-mana dengan pesawat besar.

Doghan Daguis

valerian-doghan-daguis

Doghan Daguis bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut: selalu berjalan dalam kelompok dan pola bicaranya aneh. Ini karena Doghan Daguis memiliki otak yang sama dibagi dalam tiga bagian! Ketika satu berbicara, yang lain meneruskan dan yang lain lagi mengakhiri kalimatnya. “Yang menarik adalah mereka mendapatkan uang dengan menjual informasi – itulah bisnis mereka,” ungkap Besson. Besson menggunakan tiga aktor yang selama 3 minggu syuting dengan berlutut karena Doghan Daguis bertubuh pendek.

Azin Mö

valerian-azin-mo

Galaksi manapun pastinya membutuhkan tenaga dokter. Azin Mö adalah dokternya Alpha. Mereka mampu memproduksi organ atau sel-sel tubuh yang sehat untuk menggantikan yang rusak, menjadikan eksistensi mereka krusial di Alpha. “Kalau ginjalmu tidak berfungsi atau kau punya tumor otak, mereka bisa membuat sel-sel yang membantumu. Dan tidak ada bedanya dengan yang asli – seperti kalau kau beli tas Chanel palsu di China,” canda Besson. Sayang kita tidak bisa melihat mereka beraksi banyak di filmnya, mungkin karena Valerian bukan film drama medis…

Ometlites

valerian-ometlites

Jika Azin Mö adalah dokter maka Ometlites adalah bankir. Mereka terbentuk dari sel organik dan atom metalik. Disebut sebagai ‘super-geeks’ karena ahli menggunakan komputer, yang terlihat seperti papan sirkuit raksasa di dinding setinggi 500 meter dengan ribuan koneksi kabel, Ometlites adalah bosnya dunia finansial dan ekonomi Alpha. Kata Besson, “Mereka mengayun di tali-tali, mengutak-atik koneksi setiap saat.” Jika para pekerja perbankan secanggih ini, mereka jelas pantas mendapat julukan ‘super geeks abad 28’!

Igon Siruss & Megaptor

valerian-igon-siruss-megaptor

Misi yang diemban Valerian dan Laureline membawa mereka menuju daerah yang tak selalu bersahabat. Salah satunya adalah planet Kirian. Selain ada bazaar besar di dimensi lain yang bisa dikunjungi, ini juga rumahnya alien-alien mengerikan. Salah satunya adalah Igon Siruss yang dijuluki bajak laut paling ditakuti dan kriminal paling most wanted. Ia mengeluarkan Megaptor – makhluk yang tidak takut terhadap apapun atau siapapun – untuk mengusir pengganggu. Dengan kulit sekeras berlian dan cakar yang bisa mengoyak besi, Valerian sekalipun akan takut.

Poulong Farmers

valerian-poulong-farmers

Seperti namanya alien ini adalah petani yang menanam kobalt, unsur kimia yang krusial untuk sistem mekanisme Alpha. Poulong Farmers, meskipun terlhat ringkih dengan badan kurus, mata besar dan didominasi tube-tube di bawah air, adalah salah satu spesies penduduk aqualand yang paling berharga. Adegan Poulong Farmers di film adalah Easter egg bagi pembaca komik Valerian; adegannya diambil dari Valerian Vol.6: Ambassador Of The Shadows.

Pearls

valerian-pearls

Pearls adalah alien penggerak plot utama di film jadi kami tak akan mengurai banyak tentang mereka. Mereka adalah suku yang tinggal di sebuah tempat bagaikan surga, berkulit perak dengan bentuk tubuh hampir seperti manusia – kalau manusia semuanya tinggi dan kurus seperti supermodel! Mereka berasal dari Mül, planet yang awalnya damai namun diganggu dengan kehadiran penjajah ruang angkasa. Meskipun awalnya disangka sebagai alien primitif, mereka cepat beradaptasi dan bisa belajar dengan cepat.

Martapuraï

valerian-martapurai

Martapurai adalah makhluk aqualand, sama seperti KCP02. Mereka butuh perangkat tambahan untuk berbicara dan bergerak di luar habitat mereka. Bentuk aslinya tidak terlihat; kita hanya bisa melihat kepala mereka saja. Martapurai adalah alien yang damai namun kita harus waspada saat berada di dekatnya; mereka bisa membaca pikiran dan mengetahui segalanya.

Mirrors

valerian-mirror

Mirrors adalah penjelajah luar angkasa yang tak pernah menetap di satu tempat dalam waktu lama. Besson menyamakan mereka dengan bangsa Viking di Bumi. “Mereka pergi jauh ke galaksi lalu kembali dengan sejumlah informasi yang mereka temukan. Mereka memang bukan bagian besar dari cerita kami tapi beberapa kali mereka muncul di latar belakang,” ujar Besson.

Bubble

Makhluk paling menakjubkan di film ini adalah alien yang diperankan oleh Rihanna dan disebut dengan nama Bubble. Seperti terlihat di trailer, kemampuannya bertransformasi dalam sekejap sungguh luar bisa. Untuk menghindari spoiler, kami tidak akan memberi tahu lebih banyak lagi tentang Bubble. Namun Besson menjanjikan: “Kau akan dibuat terkejut dan tidak percaya saat bertemu dengan Bubble di filmnya!” Dan, memang, adegan-adegan dengan Bubble di filmnya menjadi yang paling menghibur. Jangan lupa tonton video di atas untuk mendengar Rihanna bicara soal pengalamannya main di Valerian!

K-Tron

valerian-k-tron

K-Tron sebenarnya bukanlah alien, melainkan robot. Mereka berfungsi sebagai pasukan SWAT dalam kepolisian. Atau, seperti penjelasan Besson “satuan militer”. Di filmnya, karakter Commander milik Clive Owen lah yang memimpin mereka. “Kau tidak akan mau berargumen atau berurusan dengan mereka,” jelas Besson, yang juga mengakui bahwa sebenarnya mereka tidak terlalu berperan dalam film yang memiliki lebih dari ratusan alien.


Valerian and the City of a Thousand Planets sudah tayang di bioskop di Indonesia.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest