Home » Featured » Daftar Pemenang Academy Awards ke-89

Daftar Pemenang Academy Awards ke-89

89th-academy-awards-winners-announcement-med

Upacara Academy Awards ke-89 telah berlalu dan berakhir dengan kontroversial. Sebenarnya acara Oscar tahun ini, dipandu oleh talk show host Jimmy Kimmel, sangat menghibur dan tidak membosankan. Banyak pidato-pidato kemenangan yang penuh inspirasi dan hiburan yang luar biasa setelah dibuka oleh penampilan Justin Timberlake dengan lagu “Can’t Stop The Feeling” yang membuat banyak tamu bergoyang seru.

Kontroversi muncul justru di puncak acara: Warren Beatty dan Faye Dunaway muncul untuk mengumumkan pemenang penghargaan Best Picture yang sangat dinanti-nantikan. Setelah penundaan pengumuman yang agak lama – dan mengkhawatirkan – kedua legenda sinema ini mengumumkan La La Land sebagai pemenangnya. Ketika para produser La La Land sedang mengucapkan pidato mereka, tiba-tiba ada gangguan. Barulah diketahui bahwa Dunaway dan Beatty salah mengumumkan pemenang. Ternyata pemenang Best Picture tahun ini adalah Moonlight.

Beatty menjelaskan bahwa di amplop yang ia pegang, yang membuat ia lama mengumumkan pemenangnya, tercatat nama Emma Stone dan La La Land. Menurut Beatty, itulah sebabnya ia dan Dunaway mengumumkan film arahan Damien Chazelle tersebut sebagai pemenang Best Picture. Kimmel kemudian bercanda bahwa ia menyalahkan Steve Harvey (komedian yang salah membaca nama pemenang Miss Universe pada 2015). Tapi dengan semangat solidaritas tinggi dan hati besar, tim La La Land memanggil cast dan kru Moonlight ke atas panggung untuk kemudian dinobatkan sebagai pemenang Best Picture.

Tak perlu sedih karena La La Land dan Moonlight sama-sama berjaya di ajang Oscar kali ini. Chazelle mencatat rekor sebagai sutradara termuda yang meraih gelar Best Director, Stone mendapatkan gelar Best Leading Actress dan empat piala lainnya untuk Best Cinematography, Best Production Design, Best Original Score dan Best Original Song. Sutradara Barry Jenkins dan penulis Tarell McCraney memenangkan Best Adapted Screenplay atas adaptasi Moonlight. Yang berkesan, Mahershala Ali memenangkan Best Supporting Actor untuk pertama kalinya untuk film ini. Bisa dibilang, prestasi kedua film ini berada di atas rata-rata, apalagi mengingat tak banyak film lain yang bisa menang lebih dari satu piala saja. Hanya Hacksaw Ridge dan Manchester By The Sea yang berhasil membawa pulang lebih dari satu piala dan itu pun masing-masing hanya mendapat dua.

Simak daftar lengkap pemenang Academy Awards ke-89 di bawah. Selamat kepada para pemenang dan saatnya bagi kita untuk menonton (lagi) film-film terbaik dari musim penghargaan tahun ini. Amanda Aayusya

Best Picture
Moonlight

Best Director
Damien Chazelle (La La Land)

Best Actress in a Leading Role
Emma Stone (La La Land)

Best Actor in a Leading Role
Casey Affleck (Manchester by the Sea)

Best Actress in a Supporting Role
Viola Davis (Fences)

Best Actor in a Supporting Role
Mahershala Ali (Moonlight)

Best Original Screenplay
Kenneth Lonergan (Manchester By The Sea)

Best Adapted Screenplay
Barry Jenkins, Tarell Alvin McCraney (Moonlight)

Best Production Design
La La Land (Sandy Reynolds-Wasco, David Wasco)

Best Costume Design
Colleen Atwood (Fantastic Beasts and Where to Find Them)

Best Makeup and Hairstyling
Suicide Squad

Best Original Score
La La Land (Justin Hurwitz)

Best Original Song
“City of Stars” (La La Land)

Best Cinematography
Linus Sandgren (La La Land)

Best Film Editing
John Gilbert (Hacksaw Ridge)

Best Visual Effects
The Jungle Book

Best Sound Editing
Arrival

Best Sound Mixing
Hacksaw Ridge

Best Animated Feature
Zootopia

Best Documentary Feature
O.J.: Made in America

Best Foreign Language Film
The Salesman (Iran)

Best Live-Action Short Film
Sing

Best Documentary Short Subject
The White Helmets

Best Animated Short Film
Piper

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest