Home » Featured » Donny Damara Banting Setir Jadi Guru Ngaji

Donny Damara Banting Setir Jadi Guru Ngaji

Donny Damara

Aktor Donny Damara punya rekam jejak yang unik untuk perkara peran. Tercatat, dia pernah kebagian peran sebagai ayah presiden, ayah menteri, perwira polisi, bahkan pria jadi-jadian. Nah, dalam film terbarunya, Guru Ngaji, dia menjadi Mukri, seorang guru mengaji.

“Karakter ini bukan hanya guru ngaji, tapi juga menjadi seorang badut untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari,” demikian ucap Donny saat berbincang-bincang di Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (14/2). “Di kampung-kampung, guru ngaji memang banyak yang punya kerjaan lain seperti itu.”

Bagi pelakon yang pernah menerbangkan pesawat F 5 Tiger ini, menjadi guru mengajinya tentu tidak terlalu sulit dimainkan. “Semasa kecil, kita kan pernah ikut mengaji juga, meskipun kadang deg-degan karena takut salah,” tuturnya antusias. Untuk keperluan syuting ini, disediakan pula kru yang siap mengoreksi cara pelafalannya agar tidak keliru.

“Justru menjadi badutnya yang lumayan sulit. Untuk memainkan beberapa jenis akrobat kan perlu latihan yang lama. Mulai dari bermain juggling, stick, sampai bola. Bahkan beberapa trik sulap,” lanjut Donny.

Namun menurutnya permainan yang paling sulit untuk dipelajari adalah sepeda roda satu. “Butuh sekitar enam bulan tuh, baru bisa berjalan lurus,” selorohnya sambil tertawa. Dia mengibaratkan seperti latihan mengambang di air yang mengharuskan kaki mesti terus bergerak agar tidak tenggelam.

Donny sendiri sangat menikmati proses aktingnya di bawah arahan sutradara Erwin Arnada. “Dia cukup komunikatif. Kami banyak bertukar pikiran untuk pengadeganan,” tutur pemeran ayah RA Kartini ini.

Di film ini, selain Donny hadir pula aktor Ence Bagus, Andania Suri, Dodit Mulyanto, Dewi Irawan, hingga Verdy Solaiman. Proses pengambilan gambar dilakukan di Jakarta dan Boyolali, Jawa Tengah, dan siap diputar di bioskop bulan Maret mendatang. BB

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest