Home » Reviews » Insidious: Chapter 2

Insidious: Chapter 2

The agents of fear

insidious-chapter-2-03

James Wan mungkin satu-satunya filmmaker yang menakut-nakuti orang paling banyak tahun ini. Setelah kegilaan di The Conjuring, ia membawa lagi setan dari dunia lain di Insidious: Chapter 2. Intinya, film hantu klasik sudah menemukan kembali tempatnya di sinema horor.

Mengingat Insidious yang pertama dari 2010, perasaan tak nyaman masih mengikuti kami. Atmosfer yang mengelilingi para tokohnya yang tak nyaman, apalagi ending-nya yang cliffhanger, tak terlupakan. Di Chapter 2, suasana tak nyaman itu pun ada. Soundscape yang mengusik juga menyertai setiap adegannya. Wajah-wajah cemas semua karakternya sudah menandakan bahwa ini bukan film yang mudah untuk ditelan.

Ada dua alasan untuk hal itu. Yang pertama, Renai Lambert milik Rose Byrne menemukan rumah baru yang ia tempati juga memiliki keanehan baru berupa piano yang bermain sendiri, suara aneh menyanyi di monitor bayi, tangisan si anak yang tak berhenti dan kecurigaan anaknya, Dalton, bahwa ada yang tidak beres. Semua ini menciptakan kengerian pada saatnya yang tentu saja akan membuat kita menjerit  saat menonton.

Tapi alasan lain mengapa Chapter 2 juga sulit dicerna adalah karena bagian tengahnya lemah. Mengunjungi beberapa tempat (bekas rumah sakit, bekas rumah pasien) hanya karena ingin menampilkan keseraman baru tidak membuat film ini jadi lebih bagus. Bahkan, ada kesan berlebihan. Selain itu, kisah perjalanan waktu seputar tokoh cenayang Elise (Lin Shaye) malah menambah kebingungan pada plotnya, mendorong film ini ke teritori The Others. Mengecewakan? Agak. Karena kita mengharapkan Wan bisa lebih orisinal daripada itu.

Penyelamat film ini di paruh kedua adalah komitmen Patrick Wilson pada tokohnya. Kalau ia bagus di Insidious dan solid di The Conjuring, di sini ia sangat memukau. Dengan penampilan teatrikal yang memesona, kemunduran tokoh Wilson menjadi poin paling menghibur dari film ini. Bahwa ia bisa membawa kisah ini, sendirian, hingga akhir patut dikagumi – meskipun itu berarti ia menyingkirkan hantu utamanya dan bahkan Byrne sebagai lawan mainnya. Amanda Aayusya

THE VERDICT Terlalu memaksakan twist, Insidious Chapter 2 membuktikan bahwa time travel dan horor kurang menendang. Tapi meskipun tidak sempurna film ini tetap seru ditonton.

Certificate R Director James Wan Starring Patrick Wilson, Rose Byrne, Barbara Hershey, Lin Shaye Screenplay Leigh Whannell Running time 105 mins

rate_3star

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest