Home » Featured » Instant Family – Review

Instant Family – Review

Unconditional bond

All Film Star Rating 7instant family

Suami-istri, Pete (Mark Wahlberg) dan Ellie Wagner (Rose Byrne), merasa ada yang kurang dalam hidup mereka, lalu mereka berencana untuk mengadopsi anak setelah tersentuh oleh sebuah website tentang hal tersebut. Meski awalnya menginginkan bayi untuk diadopsi, keputusan Pete dan Ellie berubah setelah bertemu seorang remaja pemberontak berusia 15 tahun, Lizzie (Isabela Moner).

Secara hukum, mereka pun harus turut mengadopsi dua adik Lizzie, Juan (Gustavo Quiroz) dan Lita (Julianna Gamiz). Tiba-tiba harus mengasuh tiga anak di rumah mereka, itu sama sekali bukan pekerjaan mudah, apalagi Lizzie sering menunjukkan ketidaksukaannya pada Pete dan Ellie. Tapi di balik itu, masih ada banyak hal seru yang juga terjadi.

Diangkat dari pengalaman hidup sang sutradara, Sean Anders, yang juga menulis naskahnya bersama John Morris, cukup terasa jika Instant Family tak ingin fokus terlalu dalam pada rumitnya proses hukum yang harus dijalani untuk mengadopsi anak di Amerika Serikat. Semua prosesnya ditampilkan dengan ringan dan seru, tapi kita bisa menangkap jika sebenarnya prosesnya cukup panjang dan tak mudah.

instant family--

Anders mampu menghadirkan gurauan-gurauan khasnya di sini, seperti yang pernah ia tampilkan di dua film Daddy’s Home, Horrible Bosses 2, hingga We’re the Millers yang turut ia tulis naskahnya, terutama lewat karakter-karakternya yang menarik. Mulai dari Pete dan Ellie, keluarga besar Ellie, Sandy (Margo Martindale) yang merupakan ibu Pete, hingga pasangan-pasangan lain yang juga berkeinginan untuk mengadopsi anak seperti Pete dan Ellie. Sulit untuk tak menyukai mereka semua.

Namun yang selalu mencuri perhatian dalam kemunculannya adalah duo pekerja sosial, Karen (Octavia Spencer) dan Sharon (Tig Notaro). Perbedaan karakter dan cara menyampaikan informasi pada para calon orang tua asuh membuat interaksi dengan mereka selalu kocak. Anders pun bisa  menempatkan elemen komedinya dengan proporsi yang pas, jadi tak terasa terlalu berlebihan atau terlalu slapstick.

Semua kelucuaannya pun bisa diseimbangkan dengan elemen dramanya yang hangat dan menyentuh. Ikatan di antara Pete dan Ellie dengan ketiga anak asuhnya dibangun dengan sabar, sehingga ketika tiba pada bagian klimaksnya, film ini bisa terasa lebih powerful dan membuat mata berkaca-kaca. Krishna Mahendra

Nutshell Elemen komedinya yang kocak bisa diimbangi oleh elemen dramanya yang hangat dan menyentuh. Instant Family menunjukkan jika ikatan keluarga bukan selalu tentang hubungan darah.

Rating PG-13 Director Sean Anders Screenplay Sean Anders, John Morris Cast Mark Wahlberg, Rose Byrne, Isabel Moner, Gustavo Quiroz, Julianna Gamiz, Octavia Spencer, Tig Notaro, Margo Martindale Running time 119 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest