Home » Featured » Isao Takahata Meninggal Dalam Usia 82 Tahun

Isao Takahata Meninggal Dalam Usia 82 Tahun

isao takahata

Salah satu pendiri Studio Ghibli, serta produser dan sutradara anime legendaris peraih nominasi Oscar, Isao Takahata, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Tokyo. Dilaporkan juga jika kondisi kesehatannya, terutama jantungnya, telah mengalami penurunan dalam setahun terakhir.

Karier Takahata di dunia anime dimulai saat ia bekerja untuk Toei Animation pada tahun 1959 sebagai asisten sutradara. Pada tahun 1968, Takahata memulai debut penyutradaraannya lewat Horus: Prince of the Sun. Di Toei juga ia pertama kalinya bertemu dengan kolaborator sekaligus rivalnya, Hayao Miyazaki.

Bersama Miyazaki, produser Toshio Suzuki dan Yasuyoshi Tokuma, akhirnya Takahata turut mendirikan Studio Ghibli pada tahun 1985. Setelah menjadi produser untuk Nausicaa of the Valley of the Wind dan Laputa: Castle in the Sky karya Miyazaki, akhirnya Takahata menyutradarai film pertamanya di bawah bendera Studio Ghibli pada tahun 1988, yaitu Grave of the Fireflies. Film drama Perang Dunia II yang sangat tragis ini kemudian sering dianggap sebagai karya terbaiknya.

Setelah itu, ia juga menyutradarai Only Yesterday, Pom Poko, My Neighbours the Yamadas dan The Tale of Princess Kaguya. Yang terakhir disebut berhasil memberikannya nominasi di ajang Academy Award untuk kategori Best Animated Feature.

Terakhir, ia juga turut memproduseri The Red Turtle yang merupakan proyek kolaborasi Studio Ghibli dengan Wild Bunch. Krishna Mahendra

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest