Home » Featured » Klip Baru First Man dan Kontroversinya tentang Bendera Amerika Serikat

Klip Baru First Man dan Kontroversinya tentang Bendera Amerika Serikat

first-man-new-clips-flag-controversy

Ryan Gosling pergi ke bulan di biopic Neil Armstrong First Man. Bereuni dengan Damien Chazelle, sutradaranya di La La Land, film ini mengikuti perjalanan sang astronot terkenal sebelum dan sesudah ia menjalani misinya yang bersejarah, yaitu pergi ke bulan dan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di permukaan bulan. Lihat dua klip terbaru First man di bawah.

First Man menuai pujian di musim festival film tapi juga menuai kontroversi. Yang dipermasalahkan adalah bahwa film ini tidak memperlihatkan momen saat Armstrong menaruh bendera Amerika di bulan. Ramainya pembicaraan akan topik itu membuat Chazelle akhirnya memberikan pernyataan untuk membela filmnya. Ia mengatakan, “Film ini lebih bertujuan untuk memberikan penghormatan terhadap misinya. [Pendaratan di bulan itu] memakan biaya besar, memecahkan banyak keluarga. Ada rasa kehilangan besar di samping kisah sukses yang kita kenal. Itulah yang memotivasi kami – untuk menaruh sisi kemanusiaan di perjuangannya dan memberikan penghormatan pada orang-orang yang benar-benar berkorban segalanya agar kita semua bisa tumbuh dengan mengetahui bahwa sudah pernah ada manusia yang jalan di bulan.”

Chazelle juga membantah adanya kaitan dengan pernyataan politik. Ia juga mendapat dukungan dari putra-putra Armstrong, Rick dan Mark, yang menjelaskan bahwa film ini bukan film anti-Amerika. Pernyataan itu mereka buat bersama penulis buku First Man, James R. Hansen, yang bukunya menjadi sumber adaptasi naskah film.

Gosling sendiri berterima kasih kepada putra-putra kandung Armstrong yang membantunya mempersiapkan peran. “Mereka banyak sekali terlibat. Banyak orang yang membantu menambahkan perspektif untuk membantu kami mengenal sosok di balik mitosnya. Neil dan istrinya Janet [diperankan Claire Foy] menjalankan hidup yang luar biasa,” jelas Gosling.

First Man dijadwalkan untuk rilis pada 12 Oktober 2018. Anishka Syafrani/Amanda Aayusya

Clips

Interview

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest