Home » Featured » Kylo Ren Memberi Perlawanan di Star Wars: The Last Jedi

Kylo Ren Memberi Perlawanan di Star Wars: The Last Jedi

star-wars-the-last-jedi-ew-kylo-ren

Ada satu momen krusial di Star Wars: The Force Awakens yang membuat penonton terkesiap. Yaitu adegan di mana Kylo Ren (Adam Driver) berhadapan satu lawan satu dengan sang ayah, Han Solo (Harrison Ford). Kita sudah tahu apa yang terjadi berikutnya – Kylo Ren menentukan pilihannya dan ia memilih Dark Side. Finn, Rey, Poe, Rose, Jendral Leia Organa… semua sudah kami bahas sebelumnya. Kini saatnya menelusuri cerita putra Han Solo dan Leia yang mengikuti jejak sang kakek, Darth Vader.

Sutradara Rian Johnson menjelaskan pada Entertainment Weekly bahwa Kylo Ren masih belum menerima peruntungannya dan akan membalas dendam di The Last Jedi. “Jelas dia dikalahkan habis-habisan. Kekalahannya di akhir The Force Awakens, dan yang lebih besar dari itu, adalah pembunuhan sang ayah yang merupakan momen penentuan terbesarnya. Itu jauh lebih menarik untuk didalami. Bagaimana Kylo mengatasi hal ini di dalam kepalanya? Di mana dirinya berada setelah momen itu dan apa maknanya bagi Kylo?” tanya Johnson. Ada hal menarik lainnya yang bisa kita nantikan. “Aku tahu aku harus sangat berhati-hati menggunakan kata-kata. Tapi akan ada ‘simbol yang mewakili sosok Han’ hadir di sepanjang film,” begitu isyarat Johnson.

Johnson mencoba mengeksplorasi ‘jalan yang berbahaya di masa pertumbuhan’ dalam kisah hidup Kylo Ren. “Kylo mewakili kemarahan dan pemberontakan yang kau rasakan di masa itu. Sebenarnya kadang keluar dari sebuah tempat yang kau tahu itu hal yang wajar. Tapi jelas Kylo melakukannya dengan cara ekstrem dan tidak sehat sama sekali,” lanjutnya. Bagi Johnson ada ikatan unik antara Kylo dan Rey: “Mereka mewakili dua bagian, gelap dan terang.”

Daisy Ridley bilang karakternya Rey punya dendam pribadi setelah Kylo membunuh Han Solo – figur ayah yang selama ini ia dambakan. “Dia sama sekali tak bisa memahami Kylo. Rey hanya menginginkan orang tua – kenapa orang yang punya orang tua bisa melakukan hal seperti itu. Rey merasa duka dari kehilangan tapi ia juga marah. Jujur saja, Rey tak bisa memahami kenapa orang melakukan hal seperti itu, terlebih lagi kepada orang tuamu sendiri,” papar Ridley. Satu persamaan Rey dan Kylo adalah keduanya merupakan pilot yang mahir. Pesawat milik Kylo yang akan kita lihat di The Last Jedi bernama TIE Silencer, yang dideskripsikan sebagai variasi dari “kapal lama milik Darth Vader.”

EP8-FF-000573.JPG

Kylo Ren tak sendirian. Gwendoline Christie sekali lagi memerankan prajurit senior First Order, Phasma. Johnson menjanjikan sang kapten akan mendapatkan lebih banyak screen time di The Last Jedi. “Kau akan melihat ia beraksi dan aku rasa ini akan menyenangkan. Karakter ini keren sekali. Kami seperti, ‘Oke mari kita lihat apa yang kita bisa lakukan dengannya, mari kita biarkan ia beraksi dan lihat apa yang terjadi’.” Kalau masih belum cukup, Star Wars berniat untuk mengeksplorasinya lebih jauh dalam buku Phasma karangan Delilah S. Dawson dan komik Marvel Captain Phasma.

Beberapa karakter lain juga akan kembali memerangi Dark Side adalah Chewbacca dan Maz Kanata. Johnson menyampaikan bahwa sahabat Han Solo ini adalah seorang pejuang sejati yang terus maju meski tanpa Han disampingnya. “Chewie baik-baik saja. Memang ini adalah kehilangan yang besar baginya tapi dia adalah Chewie. Dia sangat tabah. Selain punya misi baru ia juga punya Rey, seseorang yang menerima kunci yang diberikan oleh Han. Jadi aku rasa kehadiran Rey akan menolong.” Chewbacca kini diperankan oleh Joona Suotamo, meneruskan jejak aktor orisinalnya Peter Mayhew.

Lupita Nyong’o sekali lagi memerankan Maz Kanata yang di film pertama menyebut Chewie adalah ‘pacarnya’. Johnson dengan jujur mengatakan, “Maz punya peran lebih kecil di sini dibandingkan The Force Awakens tapi ini bagian yang menyenangkan! Ini adalah pengalaman pertamaku bekerja dengan karakter motion capture dan bekerja dengan aktor menggunakan cara ini. Aku merasa telah mendapakan edukasi yang hebat menyaksikan Lupita bekerja,” ungkap Johnson.

Star Wars: The Last Jedi rilis pada 15 Desember 2017. Anishka Syafrani

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest