Home » Reviews » Last Summer

Last Summer

Another Anthology, Another “Summer”…

safe_image.php2

“Tidak perlu takut menonton film horor Thailand jika bukan produksi GTH,” ungkapan yang terdengar terlalu dangkal dan terkesan sangat meremehkan, tapi rasanya tidak sepenuhnya salah juga. Sejak Laddaland yang diproduksi GTH (jangan sebut Pee Mak, karena itu murni komedi), rasanya belum ada lagi film horor Thailand yang benar-benar menyeramkan. Apakah horor Thailand sedang dalam masa suramnya? Entahlah, mungkin…

Sebenarnya Last Summer tidak terlalu buruk, tapi jika kamu telah menjadikan Shutter sebagai patokan horor Thailand yang menyeramkan, buang jauh-jauh ekspektasi untuk mendapatkan perasaan paranoid saat ingin tidur setelah menonton film ini.

Last Summer masih menggunakan format anthology, format yang sepertinya juga sedang menjadi trend di kalangan sineas horor Thailand. Namun Last Summer berusaha memberikan sedikit sentuhan yang berbeda pada format anthology-nya. Daripada menggarap cerita yang berbeda, ketiga sutradara (Kittithat Tangsirikit, Sittisiri Mongkolsiri, Saranyoo Jiralak) membagi satu cerita menjadi tiga segmen dan berjalan secara estafet.

Ceritanya sendiri cukup klise, sekelompok remaja yang berlibur di sebuah rumah pantai, kemudian semuanya jadi lepas kendali hingga harus ada yang meninggal. Kemudian setiap segmennya akan mengungkap satu per satu rahasia yang membuat Joy (Pimpakan Phraekhunnatham) meninggal dengan penuh amarah dan menuntut balas pada teman-temannya.

Selain akting Sutatta Udomsilp yang terasa semakin matang, hal positif lain dari film ini adalah penggunaan koper sebagai properti horor. Rasanya belum banyak yang membuat koper jadi tampak menyeramkan layaknya di film ini. Sayangnya, hanya dua hal tersebut yang menjadi nilai lebih.

The Verdict Tidak terlalu buruk, tapi masih terlalu jauh untuk mengembalikan kejayaan horor Thailand. Silahkan ajak teman kamu yang penakut untuk menonton film ini.

Certificate R Director Kittithat Tangsirikit, Sittisiri Mongkolsiri, Saranyoo Jiralak Starring Jirayu La-ongmanee, Sutatta Udomsilp, Pimpakan Phraekhunnatham, Krit Sathapanapitakkij Screenplay Kongdej Jaturanrasmee Running Time 93 mins

rate_3star

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest