Home » Featured » Master – Review

Master – Review

Fifty shades of shady

All Film Star Rating 8

master-2016-review

Jarang kita melihat gambaran polisi jujur bagaikan white knight yang cemerlang di layar lebar, tapi film Korea Selatan arahan Cho Ui-seok, Master, memiliki sosok itu dalam diri detektif unit kejahatan finansial Kim Jae-myung (Gang Dong-won). Film ini juga memiliki seorang silvertongue yang licik dan lihai memanipulasi orang, Jin Hyun-pil (Lee Byung-hun), presiden dari perusahaan keuangan One Network. Menarik uang dari anggotanya untuk dana pensiun, Jin menggelapkan uang ini dan sejauh ini berhasil lolos dari bui karena berkolusi dengan para pejabat pemerintahan korup. Detektif Kim yang telah lama mengintai Jin dan perusahaannya yakin bisa menjatuhkan penipu elit tersebut. Ia punya kartu as: seorang dark horse pakar software yang bekerja untuk Jin, Jang-gun (Kim Woo-bin).

Lika liku investigasi Kim terhadap Jin dan peran Jang-gun di dalam cerita yang sebenarnya telah banyak didaur ulang ini mungkin bukan plot yang paling orisinal yang pernah ada. Sejak awal kita bisa menebak ke mana arahnya: sang ksatria harus jatuh bangun untuk menangkap sang bajingan, sementara si kuda hitam saling memainkan kedua sisi demi kepentingan diri sendiri. Sekilas, kita seperti melihat Ocean’s Eleven dalam skala yang lebih kecil dan terbatas, dan dengan penjahat yang tidak se-charming Danny Ocean. Mereka akan mencoba menyelesaikan masalah dengan trik, akal bulus dan tipu muslihat yang dimaksud untuk faktor dramatisasi tinggi.

Sepanjang film, sutradara Ui-seok yang juga menggarap naskahnya bersama Kim Hyun-deok tidak pernah berusaha untuk mengubah pikiran kita dari ekspektasi tersebut. Tapi yang ia lakukan justru mengupas lapisan dalam diri ketiga tokoh utamanya, yang kemudian menjadi kekuatan besar film ini. Cerita boleh mudah ditebak, tapi tokoh-tokoh ini menyimpan banyak kejutan.

Byung-hun sebagai sang penjahat dan Woo-bin sebagai Jang-gun sangat menonjol; Byung-hun karena karismanya dan Woo-bin karena uniknya karakter yang ia mainkan. Byung-hun memainkan con artist ulung dengan tak pernah keluar dari karakter. Tapi penampilannya tak pernah datar atau monoton, bahkan lebih menarik daripada peran-perannya di berbagai film Hollywood. Sementara itu Jang-gun menjadi satu-satunya karakter yang menjalani pengembangan karakter menyeluruh, proses menuju kedewasaan yang memukau, bahkan mengeksekusi adegan-adegan konyol yang murni dibuat hanya sebagai bahan tertawaan atau fan service.

Kesungguhan Woo-bin dalam memerankan tokoh ini terpancar dan chemistry-nya bersama Dong-won sangat kuat sampai pada tingkat bromantic. Tak mengecewakan, Dong-won pun memainkan sang detektif dengan memikat – melalui penampilannya, penegak hukum yang cerdas dan berani muncul sebagai hero, tapi sosok ini mengejutkan dengan sifat keras kepala dan sisi manipulatifnya.

Trio aktor ini sudah menjadi alasan kuat untuk menonton Master yang berdurasi selama 144 menit. Jika kita bersabar melalui 30 menit pertama yang cukup memusingkan dalam bagian awal yang lambat panas, Ui-seok akan membayar kesabaran itu dengan adegan-adegan yang selalu tertata rapi, meskipun tidak sampai terlampau artistik. Di ujungnya, sang sutradara menyiapkan aksi kejar-kejaran dan action set piece meledak-ledak yang seru dengan kota Manila sebagai latarnya. Menunjukkan kompetensinya, Ui-seok menggunakan lokasi di luar negaranya ini bukan hanya untuk pamer panorama tapi sebagai bagian integral bagi klimaks film yang menegangkan dan penuh adrenalin.

Master mungkin belum bisa dicap sebagai karya seorang maestro – unsur hiburan mainstream-nya terlalu kuat untuk itu – tapi tidak akan ada yang menuduh film ini dibuat oleh ‘filmmaker kemarin sore.’ Film ini hanya terlihat gampang saja. Nyatanya, ada sesuatu yang lebih dalam yang bisa digali. Amanda Aayusya

Nutshell… Setelah bagian awal yang sedikit menimbulkan kantuk (atau kebingungan), Master memacu dirinya untuk mengajak penonton berlari melalui plot yang seru bersama ensemble cast yang cemerlang. Sangat memuaskan untuk ditonton bahkan dengan durasi yang panjang.

Rating R Director Cho Ui-seok Screenplay Cho Ui-seok, Kim Hyun-deok Cast Lee Byung-hun, Gang Dong-won, Kim Woo-bin, Oh Dal-soo, Uhm Ji-won, Jin Kyung Running time 144 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest