Home » All Round » Oculus

Oculus

JE3_7854.NEF

Cermin adalah salah satu properti yang paling banyak digunakan dalam film horor, dan Oculus karya sutradara Mike Flanagan berusaha mengeksploitasi benda yang sejak lama dianggap memiliki kekuatan magis ini.

Kakak beradik, Kaylie dan Tim Russell, berusaha membuktikan jika ada kekuatan supranatural dari sebuah cermin yang berada di balik tragedi yang menimpa keluarga mereka, 11 tahun lalu, dan juga berbagai tragedi yang menimpa para pemilik cermin lainnya sebelum mereka.

Salah satu keberhasilan film ini adalah dalam membuat cermin tidak hanya sekedar menjadi properti, tapi lebih dari itu, sang cermin menjadi karakter yang penting. Bagian flashback juga turut memperkuat cerita, membuat kita semakin mengerti apa yang terjadi di masa lalu mereka dan mampu merasakan jahatnya kekuatan dari cermin tersebut. Tapi terkadang Flanagan memang seperti terlalu berusaha untuk mengaburkan antara ilusi dan kenyataan, hingga terasa tidak pas penempatannya dalam beberapa momen.

Sebagai sebuah film yang diadaptasi dari film pendek karya Flanagan sendiri, disertakannya Oculus: Chapter 3 – The Man with the Plan dalam extras menjadi bagian paling penting dari rilisan ini. Di film pendek ini, kita akan melihat Tim melakukan eksperimennya terhadap sang cermin sendirian, tak ada kehadiran Kaylie di sini.

Sebuah film pendek yang sangat sederhana, hanya seorang pria yang berada di dalam ruangan kecil yang dipenuhi peralatan kamera, jam weker dan sebuah cermin. Meski sederhana, film pendek ini memiliki atmosfer dan narasi yang cukup kuat, tidak mengherankan jika film pendek ini akhirnya bertransformasi menjadi Oculus.

Di bagian extras lainnya, rilisan ini juga memiliki deleted scenes. Adegan-adegannya memang tidak terlalu dibutuhkan filmnya, seperti saat Tim membeli selulernya, tapi untuk mendapat informasi tambahan dari ceritanya, bagian ini mungkin akan berguna.

Terakhir, kita juga dapat mendengar komentar dari Flanagan dan produser Trevor Macy tentang ketakutan mereka terhadap cermin yang menjadi latar belakang diproduksinya film ini. Flanagan juga sedikit bercerita saat ia membuat film pendeknya dan perbedaannya dibanding saat ia memproduksi film panjangnya, sambil diselingi beberapa potongan behind the scene.

Disertakannya film pendek, menjadikan rilisan ini memiliki nilai lebih. Di mana lagi kita dapat kesempatan untuk menonton film pendeknya dengan kualitas blu-ray? Krishna Mahendra

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest