Home » Featured » Pai Kau – Review

Pai Kau – Review

Souvenir Imlek dari Sidi Saleh

All Film Star Rating 7IMG-20171227-WA0006

Posternya cukup provokatif. Warna merah yang begitu mendominasi cerminan budaya Tionghoa, latar belakang dalam film ini. Sungguh mengundang untuk dilongok. Apalagi reputasi pembuatnya yang bersinar sampai ke mancanegara semakin menambah garansi betapa menariknya proyek bertajuk Pai Kau ini.

Pai Kau adalah debut sineas Sidi Saleh untuk produksi film cerita panjang. Selama ini, Sidi selain dikenal sebagai penata kamera, juga identik dengan film pendek yang kuat dalam penceritaan. Salah satunya Maryam, drama berbau religi yang sempat memikat juri di ajang Venice Film Festival dan membawanya meraih penghargaan di sana pada 2014.

Percakapan sejumlah gadis menjadi pembuka yang memikat. Interaksi ini pengantar untuk mengisahkan perkawinan seorang pria playboy yang pernah menjadi mantan salah satu dari mereka, Siska. Konon proses percintaan itu sempat mendalam, sampai-sampai dia harus melakukan aborsi. Tak pelak, kabar pernikahan itu sungguh membuat Siska terluka dan berencana untuk membuat perhitungan.

 

Niat Siska untuk bisa datang ke prosesi itu mendapatkan jalannya. Bahkan, tanpa sengaja dia bisa masuk sebagai orang dekat sang mempelai. Namun tampaknya rencana itu tidak akan semulus yang diduga. Pasalnya, sang pengantin perempuan merupakan anak dari pebisnis dunia hitam yang tak segan untuk menggunakan cara-cara kotor dalam kesehariannya.

IMG-20171229-WA0004

Gagasan yang dituangkan Sidi sebenarnya sungguh seksi. Budaya Tionghoa yang disajikan lewat upacara pernikahan itu sungguh detail dan jarang diangkat oleh pembuat film di sini. Pengamatan yang dia lakukan sungguh menggugah, cocok sebagai tontonan menyambut tahun baru Imlek. Lumayan segar di tengah rimba film Indonesia yang bertema nyaris senada.

Rangkaian cerita dikemas bukan hanya sekadar drama termehek-mehek. Cewek ditinggal mantan, kemudian menangis tersedu-sedu di kamar. Di sini lebih dari itu, Sidi mencampurnya dengan bumbu thriller ala film mafia Hong Kong ‘90-an. Ayah sang mempelai memiliki tukang pukul ala film Tarantino yang siap setiap saat. Bagian ini yang bikin penasaran untuk diikuti seperti apa sih lanjutannya.

Banyak pembuat film yang kuat dalam gambar, namun lemah dalam sektor cerita. Dan ternyata Sidi menjadi salah satu mereka. Fotografi yang menarik itu disodorkan dengan pengisahan yang compang-camping. Belum lagi akting para pemainnya yang cukup mengganggu dan memerlukan pembenahan lebih dalam. Semoga Sidi lebih baik dalam proyek mendatang. BB  

Nutshell: Debut menarik dari sosok sineas film pendek yang dikenal kental dengan detail budayanya.

Rating 17 Director Sidi Saleh Screenplay Sidi Saleh, Mohamad Ariansah Cast Anthony Xie, Irina Chiu, Inneke Valentina, Verdi Solaiman Running time 86 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest