Home » Featured » Perubahan Besar di Academy Awards ke-91 dalam Musim Penghargaan 2019

Perubahan Besar di Academy Awards ke-91 dalam Musim Penghargaan 2019

academy-awards-2019-season-changes

Era baru di acara penghargaan Oscar telah dimulai. Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan bahwa organisasinya telah membuat beberapa perubahan untuk musim penghargaan tahun depan. Upacara penghargaan Academy Awards ke-91 di tahun 2019 akan mendapat banyak modifikasi. Berikut yang akan diubah.

Durasi acara penghargaan yang disiarkan secara global ini akan dipersingkat; saluran ABC yang menyiarkan acara ini berniat untuk menyiarkan telecast Oscar yang hanya berdurasi 3 jam dan tidak lebih. Salah satu kiat yang dilakukan adalah untuk tidak menampilkan beberapa pengumuman dan pidato dari kategori-kategori yang below the line (kami menduga mereka adalah kategori-kategori ‘teknis’). Acara akan tetap berlangsung seperti biasa, tapi saat penonton menyaksikan iklan, upacara akan terus berlangsung dan kategori-kategori tersebut akan tetap dibagikan. Jadi bukannya kategori-kategorinya yang dihilangkan, hanya saja penonton tidak akan menonton pembagian penghargaan itu dan pidatonya.

Presiden AMPAS John Bailey dan CEO Dawn Hudson, dalam surat kepada para anggota Academy (baca di The Hollywood Reporter), juga meyakinkan bahwa “momen-momen kemenangan [yang terjadi saat iklan bermain] akan disunting dan ditayangkan belakangan dalam broadcast.” Hal ini serupa dengan apa yang dilakukan dengan penghargaan BAFTA di Inggris dan Tony Awards di AS.

Yang lebih mencengangkan adalah diumumkannya sebuah kategori baru. Dalam surat yang sama disebutkan bahwa Academy akan “menciptakan kategori baru untuk outstanding achievement in popular film.” Kategori ‘film populer’ ini juga tidak menutup kesempatan bagi film-film di kategori tersebut untuk dinominasikan di kategori lain seperti Best Picture. Tapi Academy belum menjelaskan apa yang menjadi definisi atau kriteria bagi kategori film populer itu: apakah angka penghasilan di box office yang berperan, atau perbandingan antara bujet dan hasil box office, atau bahkan rating di Rotten Tomatoes? Kita sepertinya masih harus menunggu penjelasan dari Academy apa yang mereka maksud dengan ‘film populer’ itu, tapi banyak yang sudah membayangkan bahwa Black Panther, Avengers: Infinity War, Mission: Impossible – Fallout dan judul-judul blockbuster lain akan punya kesempatan bersaing di sana.

Hal terakhir yang diumumkan adalah dimajukannya tanggal penyelenggaraan Oscar di tahun 2020. Academy Awards ke-92 – yang akan merayakan film-film yang dirilis pada 2019 – akan berlangsung pada 9 Februari 2020, bukan lagi 23 Februari 2020. Harapannya adalah agar Oscar tidak lagi menjadi acara terakhir di musim penghargaan, sehingga para voters tidak merasakan kelelahan.

Semua perubahan ini kabarnya terjadi untuk menaikkan rating Oscar yang sangat rendah di upacaranya yang ke-90 (hanya 26.5 juta penonton). Setuju atau tidak dengan perubahan ini, pencinta film pasti akan ramai membicarakannya. THR sudah melaporkan bahwa anggota-anggota Academy dari kategori-kategori teknis merasa perubahan yang terjadi akan merugikan mereka.

Menciptakan kategori film populer juga dianggap bukan langkah yang tepat, menurut beberapa orang. Lagi-lagi THR mengulas pendapat yang beredar tentang kategori baru itu. Dari sisi blogger film, Slashfilm, contohnya, juga merasa kategori baru ini seperti “tamparan di wajah film-film yang tidak populer” dan mempertanyakan apa yang dimaksud dengan ‘film populer’. Collider pun mempertanyakan kredibilitas kategori ini dan mengapa kategori ini baru muncul di tahun 2019. Indiewire mengumpulkan berbagai Tweet dari penulis dan jurnalis film yang mengolok-olok atau mengecam munculnya kategori ini.

Nantikan perkembangan selanjutnya dan, untuk sementara, mari kita nikmati lagi Black Panther di Blu-ray dan Mission: Impossible – Fallout di bioskop. Amanda Aayusya

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest