Home » Featured » Pesona Alam Lahat di Anak Negeri Megalith

Pesona Alam Lahat di Anak Negeri Megalith

amir gumay

Di tengah hingar-bingar produksi film Indonesia, sebagian ada pula yang dimaksudkan sebagai promosi pariwisata daerah. Sebut saja salah satunya Anak Negeri Megalith. Ini merupakan karya terbaru dari sutradara Amir Gumay yang menjual pesona wisata di kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

“Lahat merupakan tempat bersejarah. Kebudayaan modern masa lalu sudah ada sejak 5000 tahun lalu di sana. Buktinya berupa banyak patung zaman megalithikum terhampar di sana. Bahkan salah satu patung dari kota Lahat yang bobotnya berton-ton kini tersimpan dan dipinjam di museum di Jerman,” ucap Amir di sela-sela pemutaran filmnya di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (11/5).

Produser eksekutif Sitaresmi NS menyebutkan anak zaman millenium ini perlu memahami bahwa mereka merupakan pewaris budaya megalithikum. “Saya harap anak zaman now tidak lupa, karena mereka pewaris bangsa yang berbudaya tinggi ini.”

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat Sri Muliati, SH,MM tak kalah antusiasnya menyambut hadirnya film ini. “Saya bangga dengan film ini karena sudah mengangkat potensi dan keindahan panorama Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Karena kami mempunyai megalith peninggalan prasejarah yang tidak ada di daerah lain. Selain itu, kami punya keindahan alam di sekitar bukit Serelo dan kejernihan sungai Lematang,” papar Sri Muliati.

Tentu saja proyek produksi Benning Pictures ini tak sekadar menyajikan panorama alam semata. Ada juga kisah menarik tentang perjuangan seorang anak yang bekerja keras agar adiknya mencapai cita-cita menjadi seorang prajurit militer.

“Melalui film ini, kami ingin menularkan semangat kemandirian dan pantang menyerah dalam mengarungi hidup, serta berkorban sepenuh hati untuk kebaikan,” demikian tambah Sitaresmi.

Film ini diperkuat oleh pelakon seperti Fauzi Baadila, Elma Theana, Guntur Triyoga, Pong Harjatmo, Baby Margaretha, Fuad Idris, Bionetta, Diza Refengga, Novianti hingga Nyimas. Anak Negeri Megalith rilis di bioskop mulai 17 Mei mendatang. Sementara khusus di Kabupaten Lahat rilis mulai 20 Mei bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Lahat. BB

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest