Home » Featured » Planetarium – Review

Planetarium – Review

Waiting for the stars to fall

All Film Star Rating 6

planetarium-review

Paris di tahun ’30an adalah tempat di mana kita ingin berada. Indahnya kota cinte itu tergambarkan dengan apik dan menawan di film ketiga sutradara/penulis Rebecca Zlotowski, Planetarium. Tapi semakin lama kita berada di dunia yang dikunjungi kemudian ditinggali oleh kakak beradik asal Amerika, Laura (Natalie Portman) dan Kate Barlow (Lily-Rose Depp), semakin kita merasa ada yang salah dengan tempat ini. Dan ini bukan hanya karena dua saudari cantik ini adalah cenayang yang bisa berkomunikasi dengan arwah…

Laura dan Kate, berkeliling Eropa untuk mengadakan seance di depan umum, bertemu dengan pengusaha Andre Korben (Emmanuel Salinger). Ia mengundang mereka ke rumahnya dan masuk ke dunianya. Sejak awal, Korben sudah mencurigakan. Laura mendeteksi logat Prancis miliknya tidak autentik, sementara sesi pemanggilan arwah yang mereka lakukan bersama Korben mengundang efek janggal, bahkan seksual. Lama kelamaan kita belajar bahwa ia adalah produser film di Prancis yang ingin mendorong kolega-koleganya untuk berinovasi agar industri mereka tidak stagnan. Sejak bertemu Laura dan Kate, ia berambisi ingin merekam seance untuk menangkap dalam film fenomena supranatural yang muncul. Tapi di balik passion-nya, Korben masih menyimpan banyak rahasia.

Figur Korben membuat kakak beradik Barlow penasaran, khususnya Laura, yang mulai bekerja sebagai aktris demi mencari uang agar ia dan adiknya bisa hidup nyaman. Sementara ia segera terhanyut dalam mimpi sebagai bintang, seakan-akan mengejar the Hollywood dream di kota penuh gemerlap yang asli, Kate justru memperdalam hubungan bersama Korben untuk membantunya dengan ambisi perfilman tersebut. Dinamika mereka digambarkan sebagai cinta segitiga non-seksual yang tetap saja memiliki nuansa romantis. Zlotowski paling bagus menggambarkan momen-momen di mana ketiganya berinteraksi: Kate yang manis dan murni di tengah bara api Laura dan dinginnya Korben.

Andaikan Zlotowski fokus dalam perkembangan hubungan mereka, Planetarium akan menjadi film yang lebih nikmat ditonton. Tapi hampir di seluruh film, ambisi Zlotowski sendiri untuk menciptakan sesuatu yang epik menganggu alurnya. Film memiliki banyak lapisan; mungkin terlalu banyak sehingga terasa bahwa alurnya sering berbelok dan menyimpang di momen yang kurang tepat. Premis supranatural dan spiritualisme di awal terkikis oleh munculnya politik studio, politik pra-Perang Dunia II, dan obsesi Laura untuk mengetahui segala hal tentang Korben.

Munculnya pakar metafisika yang mempelajari fenomena paranormal, misalnya, menjadi gangguan yang cukup mengganjal, terutama saat kita sedang di ambang terkuaknya misteri di balik sosok Korben melalui ‘penyelidikan’ Laura saat ia syuting di luar Paris. Sama halnya dengan adegan pesta di rumah Korben yang seperti parade haute couture tapi, pada akhirnya, tidak mengungkapkan banyak hal. Dan seperti alis Kate yang terbelah (mungkin untuk menunjukkan keunikannya sebagai cenayang?) fokus kita pecah di banyak momen penting karena perhatian tersita di tempat yang salah.

Tidak ada keraguan bahwa film ini sedap dipandang: kostum, desain produksi dan para pemainnya sungguh memesona. Portman dan Salinger menunjukkan pengalaman mereka sebagai aktor untuk menjadi pemeran utama yang bertolak belakang, dengan Depp pas sebagai pendamping mereka. Tapi di luar itu, tidak semua elemen dan storyline yang tersebar di film dijalin dengan kohesif oleh Zlotowski. Zlotowski mungkin ingin menawarkan film yang cerdas dan punya arti mendalam, tapi kesan itu kurang tersampaikan.

Sama seperti judulnya: kami yakin ada makna tersendiri di balik judul Planetarium. Namun makna itu tetap tersembunyi dari pemahaman kami sebagai penonton sampai akhir. Dan itu sangat disayangkan. Amanda Aayusya

Nutshell… Film yang cantik dan watchable tapi agak berantakan dalam plot dan alur. Tonton untuk trio Portman-Salinger-Depp dan visualnya, tapi jangan berharap banyak untuk cerita koheren yang memuaskan.

Rating R Director Rebecca Zlotowski Screenplay Rebecca Zlotowski Cast Natalie Portman, Emmanuel Salinger, Lily-Rose Depp, Pierre Salvadori, Amira Casar, Louis Garrel, Damien Chapelle Running time 105 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest