Home » Featured » Polar – Review

Polar – Review

Hard way to retire

All Film Star Rating 7polar

Salah satu pembunuh bayaran terbaik di dunia, Duncan Vizla alias The Black Kaiser (Mads Mikkelsen), bersiap untuk pensiun dan memilih untuk tinggal di daerah terpencil di Triple Oak, Montana. Namun perusahaan private security yang biasa menggunakan jasanya tak ingin membayar uang pensiunnya sebesar 8 juta dolar, sehingga pemimpinnya, Mr. Blut (Matt Lucas), justru mengirim sekelompok pembunuh bayaran untuk memburu Duncan. Di saat bersamaan, Duncan juga mulai dekat dengan tetangga di rumah barunya, seorang perempuan muda bernama Camille (Vanessa Hudgens).

Kisah tentang para pembunuh bayaran yang memiliki komunitas dan dunianya sendiri memang sudah terasa sangat familiar berkat John Wick yang dirilis 2014. Namun karena sutradara Jonas Akerlund dan penulis naskah Jayson Rothwell mengadaptasi Polar dari serial webcomic berjudul sama karya Victor Santos yang dirilis 2012, film ini tak bisa disebut sebagai pengekor John Wick dari sisi plot.

Tapi memang sulit untuk tak membandingkan Polar dengan John Wick, terutama karena protagonisnya yang sama-sama begitu tangguh secara individu dan sama sekali tak sungkan untuk bertindak brutal pada lawan-lawannya. Untungnya, Mikkelsen adalah pilihan yang sangat tepat untuk film ini. Ia mampu memberikan karisma dan pesona tersendiri pada karakternya, tak hanya garang, tapi juga bisa terlihat perfeksionis dan sangat cermat dalam setiap langkahnya. Kita dapat merasakan betapa berbahayanya Duncan, sehingga kita juga mudah percaya jika ia adalah pembunuh bayaran terhebat di dunia.

Secara keseluruhan, Akerlund mampu menyajikan tone yang cukup komikal, mulai dari visual, karakter-karakternya, hingga action-nya yang cukup over the top. Hal tersebut cukup efektif dalam memberikan elemen fun, bahkan pada adegan yang paling sadis sekalipun. Sepertinya latar belakang kuat sebagai pembuat video klip musik, juga turut mempengaruhi gaya visual Akerlund di sini.

Secara plot memang tak ada yang istimewa, mudah tertebak dan sebagian besar karakternya hanya memiliki satu dimensi, padahal mereka sudah dibekali desain tampilan yang menarik. Dialog-dialognya pun banyak yang terdengar cheesy. Tapi selama kita masih bisa melihat Mikkelsen tampil keren dan membunuh secara brutal, rasa menghiburnya bisa membuat kita sedikit mengacuhkan semua kekurangannya. Krishna Mahendra

Nutshell Dengan tone komikal dan action brutal over the top yang fun, sisi menghibur Polar membuat kekonyolan plotnya bisa sedikit diabaikan. Sebagai pembunuh bayaran, Mikkelsen terlihat begitu tangguh dan keren.

Rating R Director Jonas Akerlund Screenplay Jayson Rothwell Cast Mads Mikkelsen, Vanessa Hudgens, Katheryn Winnick, Matt Lucas, Josh Cruddas, Ruby O. Fee, Anthony Grant, Robert Maillet, Fei Ren, Inga Cadranel, Perdo Miguel Arce, Johnny Knoxville, Richard Dreyfuss Running time 119 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest