Home » Featured » Richard Armitage di Serial ‘Hannibal': Perbincangan Tiga Babak – Babak III

Richard Armitage di Serial ‘Hannibal': Perbincangan Tiga Babak – Babak III

by Amanda Aayusya
Photo: NBC/AXN

Photo: NBC/AXN

Perhatian: Artikel ini mengandung spoiler untuk serial TV Hannibal S3.

Aktor Inggris Richard Armitage berbicara tentang perannya di serial TV Hannibal, Francis Dolarhyde. Dilanjutkan dari Babak I dan Babak II. Ini babak akhir dari wawancara kami dengan Armitage.

Babak III: Fans dan Fullerverse

Bryan Fuller banyak disebut sebagai showrunner yang kolaboratif. Apakah itu yang kau rasakan selama di set?
Ya. Itu salah satu highlight dari pengalaman ini bagiku. Ide apapun yang kubagi dengannya, ia benar-benar anggap serius dan serap dalam menciptakan episode-episodenya. Dan kami bahkan bisa saling mengirim email di waktu yang sama, dan aku akan menanyakan sesuatu di saat yang sama di mana ia menawarkan hal yang persis sama. Jadi kami sangat in tune dengan satu sama lain. Hanya ada sedikit sekali momen – aku bahkan tidak bisa memikirkan satupun – di mana aku tidak setuju dengan pilihan yang ia buat. Dan semua hal yang ia berikan padaku untuk ucapkan, semua yang ia berikan padaku untuk lakukan, semuanya terasa pas. Saat hal-hal seperti itu terjadi, kau bisa bekerja dengan berpikir, “Nah, bagaimana kalau kita melakukan ini?” dan aku bisa melompat atau berjalan lebih tinggi atau lebih jauh lai. Jadi itulah yang terjadi.

hannibal-season-3-francis-dolarhyde-01

Tahun lalu kau bergabung di dunia media sosial (Twitter). Apakah kau menikmatinya sekarang? Sementara itu Hannibal memiliki kelompok fans yang besar, setia dan aktif di media sosial. Apakah kau mendengar sambutan dari mereka?
Ya. Salah satu alasan mengapa aku merasa menikmatinya adalah karena aku tahu, pada suatu titik, bagiku semua ini akan berakhir. Saat aku sudah tidak lagi menjadi aktor, aku tidak akan ada lagi berada di media sosial. Jadi ada semacam batas waktu…

Tapi dalam hal berinteraksi dengan fans dan berbicara pada fans dan, you know, untuk meluncurkan sebuah acara TV, aku suka apa yang dilakukan oleh para penulis Hannibal, dan cara [rumah produksi] DeLaurentiis Company bekerja… Dan cara Bryan bekerja adalah ia berinteraksi dengan fans sampai akhir serialnya dan kau bisa merasakan antusiasme untuk setiap episode-episodenya. Menurutku itu sangat penting karena televisi adalah medium yang selalu berubah. Banyak jaringan TV selalu harus berjuang keras untuk membuat orang mau duduk dan menonton sesuatu di hari dan jam tertentu, jadi menggunakan media sosial adalah cara untuk melakukannya. Meskipun begitu aku masih merasa seperti upaya ini belum cukup karena, you know, acara kami tidak akan ada lagi di NBC sayangnya.

Kau sudah sering main baik di televisi maupun film. Hannibal sering terlihat seperti film. Apa rasanya bekerja di sebuah acara TV yang memiliki kualitas film?
Itulah salah satu alasan kenapa aku mengangkat telepon dan berkata “ya” pada Bryan. Tidak peduli sebagus apapun seorang aktor, kalau mereka ditaruh di arena bermain yang dibuat dengan buruk, penampilan aktor itu akan turun sesuai tingkat acaranya. Aku sudah pernah bekerja di berbagai tempat seperti itu. You know, aku pernah kerja di acara TV daytime

(Suara musik keras – seperti awal sebuah lagu – tiba-tiba terdengar di belakang.)

Dan aku sudah menonton lagi hal-hal itu dan bepikir, “Yah, aku bukan aktor yang bagus,ya?” Lalu sekarang kau bisa main di…

(Armitage berhenti sejenak karena suara musik yang tidak berhenti, lalu tertawa bingung, yang membuat kami ikut tertawa.)

Ah, apa yang terjadi?

(Ia tertawa lagi sedikit karena gangguan ini, lalu langsung melanjutkan jawabannya.)

Lalu kau bisa main di universe Bryan Fuller yang sangat indah untuk dilihat, sangat kaya, sangat sinematis, dengan pencahayaan cantik dan soundscape luar biasa… dan kau hanya bisa berpikir, “Kalau aku bisa bekerja di dunia itu, hasil kerjaku akan lebih terangkat.” Jadi aku sangat gembira akan hal itu.

TAMAT.

* Kisah Francis Dolarhyde di Hannibal akan berlanjut di episode ke-9 yang tayang pada Minggu, 2 Agustus 2015 sampai akhir musim. Serial ini ditayangkan di saluran AXN Asia setiap hari Minggu pukul 21.00 (WIB).

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest