Home » Features » Seniman Eko Nugroho Berkolaborasi dengan AQUA Reflections

Seniman Eko Nugroho Berkolaborasi dengan AQUA Reflections

Kampanye AQUA “Reflections of You” kali ini mengusung tema ‘Bening’

by Amanda Aayusya

aqua-reflections-eko-nugroho-disa-lestari-bottles1

Eko Nugroho adalah nama yang familiar bagi para pencinta seni dan budaya di Indonesia. Seniman asal Yogyakarta ini adalah salah satu nama anak bangsa yang telah mengharumkan nama negeri kita di mancanegara. Tahun ini sang seniman berkolaborasi dengan brand air mineral AQUA untuk menciptakan desain botol AQUA Reflections, air minum premium dalam botol kaca.

Ini bukan pertama kalinya AQUA Reflections mengeluarkan botol minum dengan desain unik. Kampanye “Reflections of You” sudah beberapa mengajak nama-nama tenar di dunia busana dan budaya. Kolaborasi dengan Eko adalah yang ketiga; sebelumnya, AQUA Reflections memakai desain dari Sebastian Gunawan dan Tex Saverio. Filosofi Eko untuk desain AQUA Reflections-nya disebut ‘Bening’. Bukan hanya mencerminkan kejernihan, ‘bening’ menurut Eko adalah pandangan yang jujur dan mendasar, dengan makna luas tentang kesehatan, kemurnian dan kebaikan. Semua ini adalah sifat-sifat positif yang selama ini disajikan lewat AQUA Reflections.

Senior Brand Manager AQUA, Disa Lestari, hadir bersama Eko di acara konferensi pers dan launching yang diadakan di Glass House, Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta. Kepada wartawan, Disa berkata, “Kami memilih Eko Nugroho karena prestasi yang luar biasa serta identitas yang kuat pada karya-karyanya. Selain itu, karena setiap manusia memiliki keunikan tersendiri, maka Reflections of You ingin menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menjadi pribadi yang kuat. Pandangan Eko Nugroho yang menyatakan bahwa kesenian adalah simbol kehidupan manusia dan dengan memahami seni maka manusia akan menemukan arti kehidupan, merupakan refleksi pribadi yang kuat sejalan dengan semangat kampanye Reflections of You.”

Eko pun mempersembahkan instalasi seni yang terinspirasi dari kerjasama bersama AQUA Reflections. Instalasi tersebut bisa dilihat selama acara Art jakarta 2017 (27-30 Juli 2017) di ballroom Ritz-Carlton, lantai 4, Pacific Place Mall di Jakarta. Disa menyebutkan instalasi ini bersifat kinetik, bukan statis, dan dibuat dengan dukungan komunitas seni yang dibina oleh Eko.

Sang seniman mengaku antusiasmenya besar untuk proyek ini. “Saya menciptakai sampai 11 desain untuk AQUA Reflections,” ujarnya pada wartawan, “tapi pada akhirnya dua ini yang terpilih. Yang paling sesuai dengan inti dari produk ini.”

aqua-reflections-press-conDengan banyaknya film-film di bioskop masa kini yang durasinya lebih dari 90 menit atau bahkan 120 menit – contoh terbaru adalah Valerian and the City of a Thousand Planets – membawa minuman masuk ke dalam bioskop adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh penonton film. Beberapa orang mungkin lebih suka membawa soft drink sebagai teman minum untuk popcorn dan nachos, tapi All Film justru lebih sering membawa AQUA dan AQUA Reflections ke dalam bioskop. Dengan film-film seperti Dunkirk yang juga berpotensi menimbulkan efek mabuk laut/udara, semakin penting bahwa penonton membawa air mineral untuk menyegarkan diri.

AQUA Reflections dengan botol rancangan Eko Nugroho berwarna biru untuk still water dan hijau untuk sparkling water akan menjadi collectible item yang tersedia mulai Agustus 2017 sampai Desember 2017. Meskipun waktu penjualannya terbatas, AQUA Reflections akan tersedia secara luas dan dalam jumlah besar. Saatnya bagi kita untuk bersiap menonton film sambil minum air dari botol cantik yang bisa dikoleksi.

Eko Nugroho

aqua-reflections-eko-nugroho

AQUA Reflections

aqua-reflections-bottles

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest