Home » Featured » Stan Lee Tutup Usia (1922 – 2018)

Stan Lee Tutup Usia (1922 – 2018)

stan-lee-in-memoriam-2018-01

Komikus legendaris Stan Lee, yang melahirkan renaisans dunia komik dengan tokoh-tokoh ikonis seperti Spider-Man, Fantastic Four dan X-Men, telah meninggal dunia pada usia 95 tahun. Lee yang dibawa ke Cedars Sinai Medical Sinai di Los Angeles pada hari Senin karena kondisi darurat dinyatakan meninggal tak lama setelah masuk perawatan. Sebelum ini, kesehatan Lee dikatakan telah memburuk dan awal tahun ini telah dirawat karena penyakit pneumonia. Kepergiannya dikonfirmasi oleh pengacara anak Lee, J.C. Lee, yaitu Kirk Schenck.

Selama satu dekade terakhir, Lee dikenal sebagai rajanya cameo di film-film layar lebar yang diadaptasi dari komik-komik Marvel. Ia muncul di film-film dari berbagai studio, 20th Century Fox, Sony Pictures dan Marvel Studios. Tahun ini ia bahkan melakukan cameo di film animasi Teen Titans! Go To The Movies yang diproduksi oleh Warner Bros. Animation dari tokoh-tokoh komik milik DC Comics. Tidak heran, Lee memang sering dianggap sebagai ‘bapaknya dunia komik’.

Bersama berbagai kolaborator, seperti Jack Kirby, Steve Ditko dan adiknya sendiri Larry Lieber antara lain, Lee dikredit telah menciptakan tokoh-tokoh komik yang kini menjadi semakin populer karena adaptasi filmnya. Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Daredevil, Black Panther, X-Men, Ant-Man, Iron Man dan Thor adalah sebagian dari tokoh-tokoh yang ia ciptakan. Lee juga dianggap berjasa telah merevolusi industri komik, salah satunya dengan mendobrak batasan-batasan sensor komik di Amerika pada tahun ‘70an, memasukkan ide-ide serius dan relevan ke dalam medium yang banyak dianggap sebagai bacaan anak-anak.

Stan Lee terlahir sebagai Stanley Martin Lieber pada 28 Desember 1922 di Manhattan, New York. Orang tuanya, Jack Lieber dan Celia Lieber (née Solomon) adalah imigran dari Romania. Stanley kecil menyukai film-film Errol Flynn, majalah pulp dan buku-buku karya Arthur Conan Doyle, Edgar Rice Burroughs dan Mark Twain. Pada 1933, Lee bekerja sebagai office boy di Timely Comics dengan gaji 8 dolar per minggu. Dua tahun kmeudian ia menulis cerita 2-halaman berjudul The Traitor’s Revenge! yang digunakan sebagai filler dengan nama pena Stan Lee. Penerbit Timely, Martin Goodman, mengangkat Lee sebagai pemimpin redaksi sementara ketika Timley ditinggalkan oleh Jack Kirby dan Joe Simon.

Pada 1942, Lee bergabung dengan Angkatan Darat di Signal Corps, di mana ia membuat manual training dan film-film pelatihan dengan grup yang terdiri dari Frank Capra, William Saroyan dan Theodor Geisel (alias Dr. Seuss). Setelah perang, ia kembali ke kantor lamanya dan menjadi editor selama puluhan tahun. Baru pada 1972, Lee berhenti menjadi editor Marvel dan menjadi penerbit dan menghabiskan waktunya untuk mempromosikan perusahaannya.

Lee menikah dengan Joan Boocock, seorang mantan model asal Inggris yang pindah ke New York. Mereka memiliki seorang putri, Joan Celia Lee yang dipanggil J.C. Pada 1953, putri lain pasangan Joan dan Stan lahir, yaitu Jan, namun meninggal tiga hari kemudian. Joan Lee meninggal pada Juli 2017.

Hidup Lee mengalami banyak gejolak, walaupun kami tidak akan menulis detailnya sendiri. Bagi mereka yang ingin membaca lebih lanjut, kunjungi The Hollywood Reporter.

Sementara itu, keluarga Lee mengeluarkan pernyataan resmi tentang meninggalnya sang ikon, yang berkata: “J.C. Lee dan segenap kolega dan kawan Stan Lee ingin berterima kasih kepada semua fans dan mereka yang berkabung untuk kata-kata belasungkawa mereka yang indah. Stan adalah ikon di bidangnya. Fans mencintainya dan hasratnya untuk berinteraksi dengan mereka. Ia mencintai fansnya dan memperlakukan mereka dengan rasa hormat dan kasih sayang yang sama yang mereka berikan. Ia telah bekerja tanpa henti sepanjang hidupnya untuk menciptakan tokoh-tokoh hebat yang bisa dinikmati oleh dunia. Ia ingin menginspirasi imajinasi kita dan agar kita bisa menggunakan semua itu untuk membuat dunia ini jadi tempat yang lebih baik. Warisannya akan hidup selamanya.”

CEO Disney Bob Iger adalah salah satu public figures yang mengeluarkan pernyataan tentang kematian Lee. Ia berkata, “Stan Lee sama luar biasanya dengan tokoh-tokoh yang ia ciptakan. Seorang superhero dalam kategorinya sendiri kepada semua fans Marvel di seluruh dunia, Stan punya kekuatan untuk menginspirasi, menghibur dan menghubungkan. Skala dari imajinya hanya bisa dikalahkan oleh besarnya hatinya.” Banyak aktor, komikus, filmmaker dan selebriti lainnya turut berduka cita dan mengungkapkan kesedihan mereka secara umum. Lihat daftarnya di sini (via Variety).

Selamat jalan, Stan Lee, kau akan dikenang selamanya. Amanda Aayusya

Kevin Feige

Jim Lee

Gail Simone

Hugh Jackman

Ryan Reynolds

Tom Holland

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest