Home » Featured » Taika Waititi Ingin Merekrut Aktor Asia untuk Adaptasi Akira

Taika Waititi Ingin Merekrut Aktor Asia untuk Adaptasi Akira

akira-adaptation-header1

Sejak diumumkan September lalu bahwa ia sedang bernegosiasi untuk menyutradarai adaptasi live action film Akira berbahasa Inggris, aktor dan sutradara asal New Zealand Taika Waititi mengundang banyak perhatian. Topik ini hangat bukan hanya karena Waititi sedang mempromosikan Thor:
Ragnarok
tapi juga karena Akira adalah judul yang populer di kalangan pencinta manga dan anime, dan banyak fans yang khawatir akan isu whitewashing yang terjadi di Hollywood untuk berbagai adaptasi bahasa Inggris dari film, manga atau anime yang aslinya berbahasa Jepang. Pasalnya, isu yang sama sudah terbukti merugikan film-film serupa seperti Ghost In The Shell dan Death Note.

IGN berbicara pada Waititi soal isu tersebut, sekaligus mencoba mencari konfirmasi tentang statusnya sebagai sutradara proyek yang banyak terhambat ini. Waititi mengakui bahwa negosiasi sedang terjadi, namun ia enggan memastikan statusnya. “Itu kurang lebih rumor,” ujarnya pada IGN. “Maksudku, tentunya aku sudah sempat mendiskusikannya, dan ini adalah sesuatu yang aku sukai. Aku memiliki passion untuk itu.”

Mengenai sumber adaptasinya, Waititi berkata ia akan memilih untuk mengadaptasi manga daripada film animasinya dari 1988. Manga ciptaan Katsuhiro Otomo itu diserialisasi selama 1982-1990 den dikoleksi ke dalam 6 volume. Cerita di manga dan film animasi 1988 memiliki perbedaan cerita. “Aku suka manga-nya. Aku juga suka filmnya, tapi aku tak akan me-remake filmnya. Aku akan mengadaptasi buku-bukunya,” ujar Waititi. “Dan ya, sudah ada obrolan tentang [penyutradaraannya].”

Kalau memang ia mendapat pekerjaan sebagai sutradara di live action Akira, Waititi berniat menghindari whitewashing. Ia berkata, “Meng-casting remaja-remaja Asia akan menjadi pilihanku dan bukannya aktor tidak dikenal, tapi aku akan mencari talenta yang belum menonjol. Dan aku akan membawanya kembali ke buku-buku aslinya.”

Upaya untuk mengadaptasi Akira menjadi film live action sudah lama berjalan di Hollywood, dengan Warner Bros. dan Legendary Pictures membeli hak pembuatan filmnya dari penerbit Jepang Kodansha. Yang terdekat adalah ketika Jaume Collet-Serra terkait dengan proyek ini pada 2011 dan sudah hampir dibuat dengan Garrett Hedlund dan Kristen Stewart sebagai cast-nya. Namun pada 2012, WB menghentikan produksinya dengan alasan ingin mengembangkan naskah dengan lebih baik lagi.

Saat ini Waititi masih sibuk mempromosikan Thor: Ragnarok yang akan tayang pada akhir Oktober/awal November. Kepastian mengenai jadi tidaknya Waititi sebagai sutradara Akira masih harus menunggu lebih lama lagi. Ikuti terus perkembangan proyek ini di All Film. Amanda Aayusya

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest