Home » All Round » The Hate U Give – Blu-ray Review

The Hate U Give – Blu-ray Review

No. of disc: 2 (Blu-ray & DVD)
Film:

All Film Star Rating 8

Extras:

All Film Star Rating 7MV5BMTE0NjYwNTk5MTJeQTJeQWpwZ15BbWU4MDU3NDQ4NzUz._V1_SY1000_CR0,0,1501,1000_AL_

81YxvEUiFSL._SL1500_Starr Carter (Amandla Stenberg) menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri saat temannya ditembak oleh polisi dan tewas di tempat karena alasan yang tidak jelas. Sebagai saksi kunci, ia harus memberanikan diri untuk tampil di hadapan publik dan menyuarakan pendapatnya.

Film ini bisa dikatakan sebuah film young adult (YA), tapi tidak seperti film-film YA kebanyakan yang mengambil tema cinta di dunia post-apocalypse. YA yang satu ini mengambil sudut pandang tentang perbedaan, rasisme, kebrutalan polisi dan juga duka yang sangat mendalam.

Film ini dibuka dengan adegan yang sangat kuat, saat ayah Star, Maverick (Russell Hornsby), menginstruksikan kepada anak-anaknya apa yang harus mereka lakukan saat mereka akan dihentikan atau diperiksa oleh polisi. Nantinya kita akan tahu mengapa sang ayah mengadakan pembicaraan ini dengan anak-anaknya. Ada juga fitur khusus tentang pembicaraan ini, yang berjudul “The Talk”, di mana hampir semua aktor kulit hitam yang ada di film ini bercerita tentang pembicaraan yang mereka lakukan dengan anggota keluarga mereka dengan tema yang mirip dengan apa yang terjadi di film.

Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama karya Angie Thomas. Walaupun sebetulnya karakter Starr itu bukan Thomas, tapi kita akan menemukan kemiripan yang cukup banyak di antara keduanya. Starr hidup bersama orang tua dan kedua adiknya di kawasan pemukiman kulit hitam di Garden Heights. Tapi ia bersekolah di sekolah yang jauh dari rumahnya dan hampir semua muridnya adalah anak-anak kulit putih dari keluarga kaya. Mirip dengan Thomas, yang tinggal di kawasan pemukiman kulit hitam, tapi sekolah di universitas yang penuh dengan mahasiswa kulit putih. Jadi pengalamannya itu ia tuangkan ke dalam buku. Pengakuannya ini bisa kita saksikan di salah satu fitur Blu-ray ini yang berjudul “Code Switching”. Di sini, ia harus membiasakan diri untuk bersikap berbeda saat berada di rumah dan di sekolah.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah “Starting a Conversation” yang menyuguhkan apa sebetulnya niatan para pembuat film dan juga para aktor saat terlibat di film ini. Jika masih belum puas, masih ada fitur yang berfokus pada lokasi syuting yang terletak di Atlanta, Georgia.

Jika kalian mencari film YA yang berbeda dari biasanya, maka kalian harus menyaksikan film ini. Akting yang memukau dari para aktor, khususnya Stenberg, ditunjang oleh cerita yang bagus membuat Blu-ray  The Hate U Give ini bisa menjadi salah satu koleksi yang harus kalian miliki Blu-ray-nya. Fariz Budiman

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest