Home » Featured » The Mule – Review

The Mule – Review

The oldest drug mule

All Film Star Rating 7MV5BMTYwNzkyNTE4NV5BMl5BanBnXkFtZTgwNDUxMjU5NjM@._V1_SX1500_CR0,0,1500,999_AL_

Sudah cukup lama kita tidak melihat Clint Eastwood bermain di film yang juga ia sutradarai. Terakhir ia melakukannya di Gran Torino, 10 tahun silam. Sosok yang paling cocok untuk memeran Earl Stone sepertinya memang Eastwood. Tidak banyak aktor berusia 88 tahun yang masih aktif seperti dirinya. Lalu ia juga menjadi sutradara. Kita harus mengangkat topi untuknya karena usia sepertinya tidak menghalangi pria kelahiran San Francisco ini untuk terus berkarya.

Film ini didasarkan pada sebuah artikel di surat kabar The New York Times yang berjudul “The Sinaloa Cartel’s 90-Year-Old Drug Mule”. Jadi kalian sudah bisa tahu bahwa Earl Stone adalah kakek berusia 90 tahun yang karena memiliki masalah finansial, menjadi penyelundup narkoba untuk sebuah kartel di Meksiko. Masalah yang dimiliki Earl bukan hanya finansial, tapi juga keluarga. Ia bukan suami yang baik bagi Mary (Dianne Wiest), bukan ayah yang baik bagi putrinya, Iris (Alison Eastwood), dan juga bukan kakek yang baik bagi Ginny (Taissa Farmiga). Earl lebih memilih berada di luar rumah, lebih menyayangi tanaman-tanaman yang membuatnya terkenal di komunitas holtikultura dan ia memang sering meraih penghargaan.

Earl sangat sempurna menjadi penyelundup karena beberapa hal. Ia orang yang sudah tua, veteran perang Korea, tidak pernah melakukan pelanggaran lalu lintas sekali pun selama hidupnya. Bos kartel, Laton (Andy Garcia), sampai mengundangnya ke Meksiko karena prestasinya yang luar biasa. Tapi ada Agen DEA Colin Bates (Bradley Cooper) yang terdeterminasi untuk mengungkap siapa sebetulnya “Tata” (kakek) yang dimaksud oleh para kartel. Ia bekerja keras untuk menangkap dan menemukan penyelundup yang sangat ulet ini. Earl juga memiliki keinginan untuk memperbaiki hubungan dengan keluarganya. Keinginan yang berbanding terbalik dengan keinginan kartel, yaitu “Tata” harus mengirim paketnya tepat waktu.

Eastwood jelas adalah bintang di film ini. Ia seperti pusaran yang menjadi inti dari film ini. Ia bisa memerankan kakek yang brengsek sekaligus rapuh. Kebintangan Cooper pun seakan pudar dihadapan sang aktor sekaligus sutradara ini. Peran Cooper memang tidak begitu besar, tapi jelas terlihat di layar bahwa ia memiliki rasa hormat yang sangat besar kepada Eastwood, yang juga bukan sosok asing baginya. Ia pernah diarahkan Eastwood di American Sniper. Aktor pendukung lain yang cukup bersinar di sini adalah Wiest. Ada satu momen yang mungkin akan membuat banyak penonton meneteskan air mata. Fariz Budiman

Nutshell Eastwood adalah seorang legenda hidup. Kita harus menghormati pencapaiannya. The Mule mungkin bukan capaian terbaik sepanjang kariernya, tapi ia masih bisa berperan dan sekaligus menjadi sutradara dengan sangat baik. Sepertinya usia hanyalah angka baginya.

Rating R Director Clint Eastwood Screenplay Nick Schenk Cast Clint Eastwood, Bradley Cooper, Laurence Fishburne, Taissa Farmiga, Dianne Wiest Running time 116 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest