Home » All Round » The Old Man & the Gun – Blu-ray Review

The Old Man & the Gun – Blu-ray Review

No. of disc: 2 (BD & DVD)
Film:

All Film Star Rating 6

Extras:

All Film Star Rating 6the old man & the gun

the old man & the gun - bdTiga aktor peraih Oscar berkumpul dalam sebuah kisah nyata tentang penjahat kambuhan yang merasa hidupnya bermakna saat ia berhasil kabur dari penjara atau saat ia merampok bank. Tiga aktor tersebut adalah Robert Redford, Casey Affleck dan Sissy Spacek. Sepertinya, dan seharusnya menarik. Apalagi film ini kemungkinan besar menjadi film terakhir Redford untuk berada di depan kamera alias berakting.

Mungkin pernyataan Redford juga bisa menjadi pertimbangan Academy untuk memasukkan namanya ke dalam nominasi Best Actor. Tapi ternyata hal itu tidak terjadi. Dan kami juga setuju dengan hal ini. Mungkin kisah penjahat kambuhan yang berumur ini beresonansi dengan kisah hidup Redford sendiri, tapi penampilannya di film ini tidak bisa dikatakan istimewa.

Di film ini, Redford berperan sebagai Forrest Tucker, penjahat kambuhan yang cukup cerdik untuk bisa melakukan perampokan dengan cepat, sopan dan diam-diam, serta menghindari kejaran polisi setelahnya. Kesopanannya saat merampok diakui sendiri oleh para korbannya. Ia dan dua orang rekannya merampok banyak sekali bank, lintas Negara Bagian di Amerika Serikat. Tapi hal ini tidak membuat detektif polisi kota Dallas, John Hunt (Casey Affleck), berhenti untuk memburunya.

Sayang penampilan terakhir dari seorang Redford ini memang kurang meninggalkan kesan yang mendalam. Karakternya memang cukup menarik, tapi ceritanya kurang kuat. Mungkin ia memilih film ini karena sang sutradara sekaligus penulis naskahnya, David Lowery, adalah alumni Sundance Film Festival.

Di dalam rilisan Blu-ray ini, ada satu fitur khusus berjudul “On Filmmaking” yang fokus membahas tentang dua orang tersebut, yang bercerita tentang maksud dan tujuan Redford membuat Sundance Film Festival, dan betapa bersyukurnya Lowery bisa masuk dan menjadi bagian dari alumni Sundance. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah ”Joining the Hunt”, berisi wawancara tentang John Hunt asli, saat ia menerima kasus Forrest Tucker puluhan tahun lalu.

Selain itu, masih ada beberapa fitur lain seperti deleted scenes yang diberi nama “Everything Else We Shot”, atau “31 Wake-Ups” yang menyajikan proses syuting beberapa adegan di film ini. Sementara satu fitur lagi, “Prison Cats”, berisi seperti tambahan deleted scene, hanya saja ada kucing, saat adegan dalam penjara. Yang wajib mengoleksi Blu-ray ini, rasanya memang hanya mereka yang secara khusus mengoleksi film-film Redford. Fariz Budiman

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest