Home » All Round » The Quiet Ones

The Quiet Ones

75a7a0ae-b38c-11e3-a46e-005056b70bb8resize

Supranatural dan sains, The Quiet Ones berusaha mengangkat persinggungan panjang di antara keduanya. Terjadi di tahun 1974, di Universitas Oxford, Profesor Joseph Coupland (Jared Harris) mengajak salah satu mahasiswanya, Brian McNeil (Sam Claflin), untuk merekam semua eksperimen yang sedang ia lakukan. Bersama asistennya, Krissi (Erin Richards) dan Harry (Rory Fleck-Byrne), Coupland menyelidiki fenomena yang terjadi pada wanita muda bernama Jane Harper (Olivia Cooke) yang diduga mengalami masalah tingkah laku karena pengaruh kekuatan supranatural, ia berusaha membuktikan jika ada penjelasan ilmiah di balik itu semua.

Dengan ber-setting di era ’70an, film ini cukup terasa memiliki tone dan atmosfer layaknya film horor klasik dari era tersebut, tapi di beberapa bagian, film ini juga terasa seperti sebuah film horor found-footage masa kini. Sayangnya, mungkin karena terlalu fokus dengan dua gaya tersebut, sutradara John Pogue seperti lupa untuk membangun atmosfer yang mencekam untuk film ini. Semuanya terasa terlalu datar, bahkan di bagian twist-nya. Mungkin hanya penampilan Harris dan Cooke yang menambahkan sedikit energi untuk film ini.

Seperti filmnya, bagian extras dari rilisan ini juga terasa datar, tidak ada yang benar-benar istimewa di dalamnya. Bagian An Ominous Opening menunjukkan bagaimana opening sequence dari film ini yang banyak menggunakan simbol-simbol ritual dan setan dibuat dengan teknik produksi film yang konvensional. Ada juga Welcome To The Experiment yang mengajak kita untuk mengenal lebih jauh dengan orang-orang yang ada di film ini. Selebihnya, hanya ada gag reel yang menampilkan adegan-adegan lucu selama proses produksi film ini. Krishna Mahendra

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest