Home » Featured » Top 10 Movie Scenes of 2016

Top 10 Movie Scenes of 2016

Written by Amanda Aayusya & Krishna Mahendra

best-scene-2016-header

Akhirnya 2016 tiba di akhir dan kita akan segera bersiap-siap menyambut 2017. Banyak yang berkata 2016 adalah tahun yang kurang istimewa di box office tapi kami tidak setuju. Film-film dari segala penjuru dunia berhasil menghibur kami tahun ini sehingga kami bisa memiliki daftar Top 10 Movie Scenes of 2016! Untuk pertama kalinya, dua film Indonesia – Ada Apa Dengan Cinta? 2 dan 3 Srikandi – ikut menghadirkan adegan-adegan memorable bersama film-film mancanegara. Tak hanya dari Hollywood saja, filmmaker Iran Babak Anvari dan Korea Selatan Yeon Sang-ho pun berkontribusi menghasilkan momen-momen terbaik kami di sinema tahun ini. Semoga 2017 pun akan membawa lebih banyak lagi momen sinematis berharga dan teruslah menonton film berkualitas.

SPOILER ALERT!!!

10. Ciuman Cinta pada Rangga di Yogyakarta

best-scene-2016-aadc2
Kota Yogyakarta mengobarkan api cinta lama. Setidaknya itulah yang diusulkan oleh momen memorable di Ada Apa Dengan Cinta? 2 ini. Rangga (Nicholas Saputra) yang dulu putus dengan Cinta (Dian Sastrowardoyo) tak sengaja bertemu mantannya di Yogyakarta. Awalnya Cinta segan bertemu Rangga, tapi suasana kota membuai Cinta untuk mau menghabiskan satu hari penuh berama Rangga, bahkan sampai pagi hari berikutnya. Saat Rangga mengantar Cinta pulang, ia sudah siap say goodbye, tapi tiba-tiba Cinta menciumnya! Entah apakah ini romantis atau egois, momen ini menunjukkan bahwa Cinta tidak bisa menolak cinta. Salut pada Riri Riza untuk memasukkan momen ini sebagai ujung perjalanan yang mengikuti jiwa dari film-film Richard Linklater.

9. Parodi The Godfather di Zootopia

best-scene-2016-zootopia
Di tahun yang sarat film-film animasi unggulan, Zootopia menyajikan salah satu momen paling memorable di bioskop karena memparodikan The Godfather. Sosok bos gangster Zootopia adalah Mr. Big… yang ternyata berbadan mungil karena ia tikus! Dengan suara serak, ia menyuruh anak buahnya yang berupa beruang kutub untuk menjebloskan Nick dan Judy ke trap door maut. Ini setelah kita ditunjukkan rumahnya yang megah, lengkap dengan rantai di pagar yang dramatis. Bahwa sebuah film animasi dengan rating PG bisa mereferensikan salah satu film paling violent di sinema, itu menandakan bahwa para pencipta Zootopia tidak hanya membuat film untuk hiburan keluarga, tapi juga memanjakan pencinta film.

8. Opening credits Deadpool

best-scene-2016-deadpool
Adegan pembuka Deadpool adalah salah satu opening film terbaik yang pernah ada. Diawali dengan gerakan hyper slow-mo, empat orang bandit sedang dihajar habis-habisan oleh Wade Wilson, alias Deadpool, alias Ryan Reynolds, Sexiest Man Alive. Unsur meta menyelimuti adegan ini dengan munculnya majalah People yang menyatakan bahwa Ryan Reynolds adalah pria paling seksi sedunia itu. Ada juga kartu Green Lantern, gelas Starbucks, lip gloss Hello Kitty dan masih banyak lagi! Credits mulai rolling tapi dengan kata-kata seperti “Starring God’s Perfect Idiot – A Hot Chick – A British Villain”. Semua itu diiringi lantunan “Angel of the Morning” dari Juice Newton. Perfect.

7. Bang Pandi memergoki 3 Srikandi naik angkot saat latihan lari

best-scene-2016-3-srikandi
Donald Pandiangan konon seperti dukun. Ia bisa tahu kalau anak-anak didiknya – trio pemanah wanita Yana, Suma dan Lilies yang sedang latihan untuk Olimpiade Seoul 1988 – tidak berlatih dengan benar. Melihat Bang Pandi versi Reza Rahadian di 3 Srikandi memergoki para pemanah muda yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Tara Basro dan Chelsea Islan saat mereka naik kendaraan umum saat latihan lari adalah momen yang lucunya bukan main. Comic timing seluruh aktor yang terlibat luar biasa dan wajah cemberut Rahadian sebagai sosok pelatih galak yang berhadapan dengan gadis-gadis konyol itu tidak terlupakan.

6. Cara Doctor Strange mengalahkan Dormammu

best-scene-2016-doctor-strange
Dormammu, I’ve come to bargain.” Ulang kalimat ini ratusan kali sambil memanipulasi Time Gem (yang menyamar jadi The Eye of Agamottto) untuk menciptakan time loop. Musuh sekuat penguasa Dark Dimension sekalipun lama kelamaan akan takluk. Pertarungan puncak Doctor Strange vs Dormammu di film Scott Derrickson Doctor Strange tidak hanya trippy secara visual namun juga dari segi konsep. Yang luar biasa adalah justru karena tipu daya dan manipulasi – bukan jurus bela diri – yang dipakai oleh pahlawan kita untuk mengalahkan lawannya. Momen ini menjadi contoh bahwa kecerdasan seseorang bisa jadi senjata terkuat di dimensi manapun!

5. Mengusir setan gaya Leslie Jones di Ghostbusters

best-scene-2016-ghostbusters
Roh jahat merasuki badan Melissa McCarthy dan membuatnya jadi ganas terhadap teman-temannya. Jadi siapa yang akan dipanggil para Ghostbusters wanita di film Paul Feig? Leslie Jones! Dalam sebuah adegan yang comical sekaligus physical, Jones dan McCarthy adu jotos setelah Kate McKinnon yang terlempar keluar lewat jendela. Demi menyelamatkan hidup mereka, Jones menampar McCarthy super keras dan mengeluarkan mantra exorcism dahsyat: “the power of Patty compels you” Kami habis dibuat terpingkal-pingkal di kursi bioskop. Go, Ghostbusters!

4. Tangan di jendela di Under the Shadow

best-scene-2016-under-the-shadow
Nyaris tak pernah ada ketenangan di Under the Shadow, film berbahasa Persia karya Babak Anvari. Jika tak ada dialog, teriakan atau musik score, maka terdengar suara angin yang di satu adegan membuat jendela kamar Shideh (Narges Rashidi) terketuk ranting dan membangunkannya dari tidur. Penasaran, ia pun mulai mengecek jendelanya yang ia tempeli plester dengan pola menyilang. Kami sudah menduga akan ada hal buruk terjadi, tapi betapapun kami telah menyiapkan diri, tetap saja kami berteriak keras saat sebuah tangan menerobos jendela dan mencekik Shideh. Kami lantas ikut merasa tercekik! Sepanjang tahun 2016, ini adalah momen yang paling membuat jantung kami bekerja keras di bioskop.

3. Moana membelah lautan

best-scene-2016-moana1
Setelah mengarungi lautan luas, Moana akhirnya berhadapan dengan monster Te Ka yang mengancam dunia. Namun tiba-tiba Moana sadar bahwa ada sesuatu yang istimewa dari sang villain[spoiler alert] Te Ka ternyata tak lain dan tak bukan adalah bentuk monster dari Te Fiti, dewi pencipta kehidupan yang murka karena ‘hatinya’ dicuri oleh Maui. Akhirnya sadar bahwa ia harus menantang Te Ka/Te Fiti sendirian, Moana menyanyi (suara Auli’i Cravalho yang powerful dan jernih sungguh memukau di sini) memanggil sang monster/dewi dengan sangat indahnya sampai laut pun terbelah. Baiklah, Disney Animation, kami mengakui kehebatanmu.

2. Tumpukan zombie diseret kereta di Train to Busan

best-scene-2016-train-to-busan
Selama kami menonton film-film zombie, baru di Train to Busan kami pernah melihat sequence seseru ini: puluhan undead bertumpuk-tumpuk diseret gerbong kereta sepanjang rel dan tidak lepas sampai pegangan mereka diinjak oleh protagonisnya. Adegan sebelum ini terjadi juga spektakuler: para survivor – seorang pria, anak kecil dan wanita hamil – harus berlari mengejar gerbong itu sebelum kawanan zombie yang berlari cepat bisa mencapai mereka. Adegan ini pun datang setelah sebelumnya tiga sekawan itu meloloskan diri secara dramatis dari reruntuhan kereta yang hampir menindih mereka! Serahkan pada sutradara Yeon Sang-ho untuk membuat adegan thrilling yang menumbuhkan kembali cinta kami pada genre yang sudah mulai usang tersebut.

1. 30 menit terakhir Rogue One: A Star Wars Story

best-scene-2016-rogue-one
Tiga puluh menit terakhir (kurang lebih) dari Rogue One: A Star Wars Story arahan Gareth Edwards menyajikan rangkaian adegan yang spektakuler di segala lapisan. Kematian heroik masing-masing tokoh utama Rogue One – dengan Jyn Erso dan Cassian Andor saling merangkul sambil menunggu ajal – sudah membuat hati berdebar, tapi kemudian muncul Darth Vader di pesawat Rebel dan menyerang saat para pasukan Rebel usai menerima transmisi data dari kru Rogue One. Serangan epik Vader adalah klimaks yang menggetarkan, tapi bahwa data itu berhasil diselamatkan dan dioper ke pejuang Rebel terakhir di kapal? Pengorbanan Jyn Erso dan kawan-kawan menjadi berharga. Munculnya Leia milik Carrie Fisher di shot terakhir juga merupakan icing on the cake dari sebuah film yang sedap!

*

Silakan berkomentar di bawah jika kau memiliki adegan favorit lain yang belum tertera di sini!

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest