Home » Featured » Top 10 Movie Scenes of 2018

Top 10 Movie Scenes of 2018

Written by Amanda Aayusya & Krishna Mahendra

Created by Freepik

Tak terasa 2018 sudah berlalu dan kita lagi-lagi menghabiskan sebagian besar waktu menonton film. Sejak awal 2018 dimulai, sudah banyak film yang menarik perhatian kita… tak disangka Februari dan Maret yang biasanya ‘sepi’ film blockbuster malah menawarkan banyak film epik. Dari Black Panther sampai Love For Sale, baik Hollywood maupun industri film dalam negeri menawarkan film-film keren yang biasanya ditemukan di musim-musim tertentu. Tapi sejujurnya, semua musim di 2018 telah berhasil menyajikan judul-judul yang luar biasa. Baik itu horor yang paling mengusik di seluruh dunia maupun komedi yang mengocok perut jauh setelah kita keluar dari bioskop, apapun filmnya, kami tetap menikmatinya. Jadi tentu saja kami kembali lagi dengan 10 adegan paling memorable dari film-film yang sudah kami tonton tahun ini. Kami pun mengundangmu untuk menyiapkan daftar adegan favoritmu dari film-film 2018 agar kita semua bisa menutup tahun ini secara sinematis!

SPOILER ALERT!!!

1. Kejar-kejaran mobil di Busan di Black Panther

best-scene-2018-black-panther

Banyak adegan keren di Black Panther garapan Ryan Coogler tapi yang paling tidak terlupakan sampai saat ini adalah aksi kejar-kejaran mobil di jalanan Busan, Korea Selatan antara Ulysses Klaue (Andy Serkis) dan dua kawan Black Panther, yaitu Okoye (Danai Gurira) dan Nakia (Lupita Nyong’o). Okoye tidak gentar ditembaki senjata, malah mengatakan senjata api itu “primitif”. Nakia, seperti hampir semua wanita di dunia yang menyetir dalam kecepatan tinggi, melepas sepatunya di mobil. Sentuhan-sentuhan kecil ini melengkapi sequence berkecepatan tinggi yang highlight-nya adalah saat Okoye naik ke atas mobil dengan gaun merah berkibar dan tongkat vibranium khas tentara Dora Milaje-nya. Kami langsung ingin punya gaun merah, tongkat vibranium dan mobil cepat supaya bisa bergaya seperti Okoye… tentunya, tanpa wig!

2. Senyuman penuh makna Richard di Love for Sale

best-scene-2018-love-for-sale

Lama hidup sendiri, hidup Richard (Gading Marten) mulai menjadi lebih menyenangkan setelah bertemu Arini (Della Dartyan), seorang pacar bayaran yang ditemuinya lewat sebuah aplikasi layanan kencan online. Setelah Arini tiba-tiba menghilang, Richard mencarinya dengan segala cara. Namun setelah lewat televisi ia melihat teman-teman Arini yang sempat ditemuinya, ia hanya bisa tersenyum. Senyuman yang dapat diinterpretasikan berbeda-beda oleh para penonton. Kami sendiri berusaha menginterpretasikannya dengan lebih positif, di mana Richard akhirnya sadar bahwa hubungannya dengan Arini tak nyata, namun karena pertemuan tersebut telah membuatnya menjadi orang yang lebih baik dan positif dalam menjalani hidup, ia tak menyesal dan tak mau kembali jadi dirinya yang dulu. Sebuah penemuan jati diri yang terasa dalam.

3. Rekayasa film The Shining di Ready Player One

best-scene-2018-ready-player-one

Salah satu film paling epik di 2018 adalah Ready Player One karya Steven Spielberg. Film ini banyak memasukkan referensi budaya pop dan beruntung bisa memakai banyak karakter dari berbagai film, komik, game dan masih banyak lagi. Tapi dari semua cameo karakter atau referensi yang muncul, tidak ada yang lebih seru daripada adegan rekayasa film The Shining-nya Stanley Kubrick yang dibuat sebagai misi pencarian kunci kedua. Ketika Parzival dan ka6an-kawan masuk ke dalam lobby Overlook Hotel, bulu kuduk kita langsung merinding. Lalu sepasang gadis kembar muncul di ujung koridor menuju lift. Lalu wanita telanjang di kamar mandi berubah menjadi zombie… oke, mungkin ini bukan rekayasa yang sama persis seperti film aslinya, tapi adegan ini berhasil bikin hati melompat di dalam!

4. Jentikan jari Thanos di akhir Avengers: Infinity War

best-scene-2018-avengers-infinity-war

Jarang sebuah film superhero berani membuat karakter antagonisnya sebagai hero di filmnya, tapi itulah yang dilakukan Joe dan Anthony Russo di film superhero team-up terbesar sepanjang masa. Karena yang menjadi tokoh utama di Avengers: Infinity War justru adalah Thanos sang Mad Titan (Josh Brolin), maka jelas misi Thanos-lah yang diukur kesuksesannya di film. Para Avengers hanya bisa menatap tak berdaya saat Thanos menjentikkan jari dan menghilangkan separuh isi jagat raya untuk memenuhi ambisi sang villain untuk menjaga agar jagat raya tetap asri dan sejahtera. Ketika dan setelah korban Thanos hilang sebagai pasir yang terbang di udara, penonton di bisokop juga hanya bisa duduk terdiam tanpa rasa kemenangan. Beberapa bulan kemudian, saat menonton Ant-Man and the Wasp, pengaruhnya masih terasa. Sekarang kalau kita ingin menyedihkan diri, kita hanya tinggal menonton kembali ending Avengers: Infinity War di mana Thanos menang.

5. Proses persalinan di A Quiet Place

best-scene-2018-a-quiet-place

Kelahiran adalah salah satu momen yang paling layak untuk dirayakan, sekaligus paling menyakitkan secara fisik bagi sang ibu. Namun bayangkan jika proses persalinan yang sangat menyakitkan tersebut harus dilakukan seorang diri dan tak boleh mengeluarkan suara sedikit pun karena ada monster ganas yang mengintai korbannya menggunakan indera pendengaran sangat tajam. Sebagai tambahan tantangan, persis sebelum persalinan tersebut, telapak kaki sang ibu baru saja tertusuk paku yang cukup panjang. Ini adalah momen yang paling membuat kami sesak sepanjang 2018 karena kami seperti ikut merasakan sakitnya dan takut bersuara. Sungguh menegangkan!

6. Kecelakaan lalu lintas di Hereditary

best-scene-2018-hereditary

Peter (Alex Wolff) terpaksa mengajak adiknya yang aneh dan penyendiri, Charlie (Milly Shapiro), ke sebuah pesta sekolah karena dipaksa sang ibu, Annie (Toni Collette). Namun di sana, alergi Charlie tiba-tiba kambuh, Peter pun mengemudi dengan terburu-buru untuk membawanya ke rumah sakit, sementara Charlie yang kesulitan bernapas justru mengeluarkan kepalanya lewat jendela. Maka kepala Charlie pun menghantam tiang listrik hingga terputus. Shock, Peter hanya bisa terus mengemudikan mobilnya pulang ke rumah sambil membawa jasad sang adik. Keesokan paginya, kita mendengar teriakan Annie yang histeris saat menemukan apa yang ada di jok belakang mobilnya. Sungguh disturbing, mengusik dan menyayat hati.

7. Permainan mahjong antara Rachel dan Eleanor di Crazy Rich Asians

best-scene-2018-crazy-rich-asians

Jangan anggap remeh Crazy Rich Asians. Upaya Jon M. Chu untuk menceritakan ulang buku Kevin Kawn tersebut di layar lebar patut diapresiasi. Kisah cinta antara kedua protagonisnya, Rachel (Constance Wu) dan Nick (Henry Golding), cukup kuat untuk menggugah emosi. Sepanjang film kita melihat bagaimana Rachel berusaha keras untuk membuat dirinya disukai oleh calon ibu mertua, Eleanor (Michelle Yeoh). Sementara Eleanor berusaha sebaik mungkin untuk menekan Rachel sampai menggali masa lalu ibu Rachel yang ia anggap kotor. Saat kebahagiaan Rachel dan Nick hampir hilang, Rachel mengundang Eleanor untuk main mahjong. Di sini Rachel mengaku ia rela mundur dari hubungannya dengan Nick supaya hubungan Nick dan keluarganya tidak rusak. Tapi saat Nick menikah dengan wanita yang dipilih Eleanor nanti, Rachel berharap Eleanor mengingat siapa yang berjasa untuk itu. Saat itulah Rachel mengungkapkan bahwa ia memegang biji mahjong yang bisa membuatnya menang, tapi ia tidak memakainya di permainan, menunjukkan bahwa ia sungguh-sungguh rela mengizinkan Eleanor menang. Ekspresi di wajah Eleanor menandakan telaknya pukulan verbal Rachel. Puas.

8. (Pengungkapan) Adegan behind-the-scenes di One Cut of the Dead

best-scene-2018-one-cut-of-the-dead

Brilian, genius, mengejutkan dan sangat kocak adalah pujian-pujian yang paling pas untuk komedi favorit kami tahun ini, One Cut of the Dead. Setelah disajikan adegan one take yang absurd sepanjang 37 menit, apa yang disajikannya kemudian sungguh tak terduga. Sulit untuk memilih satu adegan yang paling mengesankan dari film ini, karena seluruh bagian behind the scene yang kemudian dapat menjelaskan berbagai adegan aneh di 37 menit awal benar-benar gila. Bahkan berhari-hari setelah menontonnya, kami masih bisa tertawa terbahak-bahak hanya dengan mengingat-ingatnya. Hebatnya lagi, seluruh kegilaan tersebut dapat menyolidkan hubungan ayak-anak yang sebelumnya renggang, menjadikan One Cut of the Dead film favorit kami tentang keluarga di 2018 juga.

9. Konser Live Aid di Bohemian Rhapsody

best-scene-2018-bohemian-rhapsody

Menuju akhir tahun, film musikal/biopic tentang Freddie Mercury merajai bioskop. Greatest hits Queen berkumandang di bioskop. Walaupun di belakang layar terjadi banyak kontroversi tentang perubahan personil di kursi sutradara, filmnya sendiri masih nikmat ditonton. Salah satunya yang paling nikmat adalah rekayasa konser Live Aid 1985 yang terkenal, di mana Freddie dan anggota Band yang lain reuni untuk tampil di acara panggung yang ditonton jutaan manusia. Tidak hanya medley lagu-lagunya bikin kita bergoyang di kursi tapi konser tersebut dibuat sangat mirip dari yang aslinya, sehingga kalau dibandingkan adegan dari Bohemian Rhapsody dan rekaman konser aslinya, hasilnya hampir tak ada bedanya.

10. Menyelam di perairan gelap The Trench di Aquaman

best-scene-2018-aquaman

Ketika nama James Wan diumumkan sebagai sutradara Aquaman, mungkin ada yang sedikit bingung. Seorang sutradara horor membuat film superhero berdasarkan mitos kelautan? Tapi hasilnya luar biasa. Aquaman menjadi salah satu film solo terbaik di DC Extended Universe, yang mengandung sebuah adegan horor khas sutradaranya. Adegan itu adalah ketika Arthur Curry (Jason Momoa) dan Mera (Amber Heard) tiba di The Trench dalam misi mencari trisula sakti yang akan membuat Arthur raja sejati. Monster amfibi bergigi tajam yang menanti mereka terlihat sangat menyeramkan. Tapi lebih seram lagi adalah jumlah mereka yang banyak. Hanya dibekali dengan lilin suar sebagai sumber cahaya, Arthur dan Mera menyelam ke perairan kelam yang penuh dengan monster-monster ini, yang langsung mengejar mereka. Cahaya kemerahan menjadi satu-satunya sinar di kegelapan yang terlihat tak hanya dramatis di layar lebar, tapi juga sangat sinematis. Luar biasa.

2019? Tentu saja banyak film baru yang akan menawarkan adegan-adegan memorable. Bersiaplah untuk terus lanjut menonton di 2019. Selamat Tahun Baru!

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest