Home » Featured » Upi Comeback dengan Film Remaja

Upi Comeback dengan Film Remaja

upi

Sineas Upi dikenal dengan signature tersendiri ketika menggarap film remaja. Karakternya selalu rock n roll alias pemberontak atas nilai-nilai ortodoks yang membelenggu mereka. Seperti itulah yang coba dikupasnya lewat film My Generation.

“Kebanyakan film remaja ceritanya tentang romance. Saya nggak mau bikin film cinta-cintaan. Saya mau angkat kisah remaja tentang pencarian jati dirinya,” ucap Upi usai pemutaran filmnya di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (2/11).

Dalam proyek anyarnya, Upi mencoba mengupas perbedaan perspektif antara orangtua dengan anak. “Biasanya film hanya satu perspektif, remaja saja atau orangtua yang membahas masalah remaja. Di sini, remaja mempertanyakan apa yang dilakukan orangtuanya. Mereka remaja yang kritis,” lanjut Upi lagi.

My Generation bercerita tentang persahabatan empat siswa sekolah lanjutan, yakni Zeke (Bryan Warow), Konji (Arya Vasco), Suki (Lutesha ), dan Orly (Alexandra Kosasie). Mereka gagal liburan karena membuat video kritik atas guru, sekolah, dan orangtua yang mendadak viral. Alhasil, mereka membuat liburan versi sendiri yang mengantar pada kejadian yang memberi pelajaran berarti.

Upi memerlukan dua tahun dalam menggarap skenarionya untuk IFI Sinema. “Saya meriset semua media sosial, mencari tahu seperti apa bahasa anak sekarang dan bagaimana cara berpikirnya. Sebenarnya setiap generasi masalahnya sama, yang berbeda kan teknologinya saja.”

Agar lebih alami, dia tak segan memasang pemain debutan dalam filmnya. “Saya nggak mau orang yang sudah tua berperan jadi anak muda,” tukasnya yakin. Selain merekrut pelakon wajah baru, Upi juga memasang sejumlah pemain senior seperti Surya Saputra, Tyo Pakusadewo, Ira Wibowo, Karina Suwandi, Indah Kalalo, Joko Anwar, hingga Aida Nurmala.

My Generation beredar di bioskop tanah air mulai 9 November 2017. Bobby Batara

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest