Home » Featured » Valerian and the City of a Thousand Planets – Review

Valerian and the City of a Thousand Planets – Review

Magical, extravagant space adventure

All Film Star Rating 7

valerian-review

Valerian And The City Of A Thousand Planets mencoba mencuri perhatian hadir di tengah ramainya persaingan box office musim panas. Diadaptasi dari graphic novel Prancis, film ini mempromosikan diri dengan nama besar sutradaranya, Luc Besson, dan label ‘Film Termahal dari Prancis’.

Dari segala sisi Valerian benar-benar murni space opera: sebuah petualangan dua agen galaksi diselingi bumbu romansa. Apalagi dengan kemuncual makhluk-makhluk luar biasa ciptaan pengarang komik Pierre Christin, Jean-Claude Mezieres dan Besson sendiri. Film mengikuti misi Valerian (Dane DeHaan) dan Laureline (Cara Delevingne) membantu Commander Arun Flitt (Owen) untuk mengidentifikasi misteri seputar musnahnya Planet Mul. Keduanya harus bergerak cepat sebelum ancaman yang sama ikut menghancurkan kota Alpha, tempat tinggal berbagai jenis alien di galaksi. Sulitnya, dalam perjalanan mereka terus menerus menemukan hambatan baik dari alien yang cerdas sampai yang kurang bersahabat.

Valerian yang cerdik dan seorang playboy punya hubungan yang rumit dengan Laureline, wanita tangguh dan keras kepala. Menyaksikan keduanya berinteraksi kadang menghibur namun lebih sering mengganggu karena beberapa dialog yang terlalu gombal. Jelas cinta menjadi salah satu elemen terpenting di film, bahkan cinta jugalah yang menjadi dorongan Valerian memberikan keputusan yang heroik di akhir cerita. Namun hingga film selesai penonton tetap tak yakin apakah kedua karakter ini pantas untuk bersama. Kalau kami bisa memberi nasihat kepada Laureline: mungkin lebih baik kalau cari partner lain.

Pada akhirnya bumbu romansa di film justru melemahkan keseluruhan cerita. Untungnya DeHaan dan Delevigne tidak bermain buruk, bahkan Delevigne menunjukkan kemajuan dari penampilannya di Suicide Squad. Rihanna dan Ethan Hawke sama-sama memberi penyegaran ketika alur sudah mulai terasa menjemukan.

Kejeniusan Besson dalam mengolah universe lah yang paling memukau. Sequence pertemuan manusia dan alien yang membuka film sangat sederhana namun efeknya begitu brilian. Dalam sekejap kita bisa memahami mengapa Alpha adalah kota yang menjadi tumpuan berbagai makhluk hidup di galaksi. Begitu pula dengan konsep The Big Market yang tak diragukan pasti membutuhkan kerja keras dan kesabaran tingkat tinggi. Kau duduk selama dua jam dengan perasaan takjub terhadap apa yang bisa dicapai manusia dengan kekuatan imajinasi. Anishka Syafrani

Nutshell… Valerian akan membawamu memasuki dunia lain dan tenggelam di dalamnya. Jika kau mencari petualangan baru di genre sci-fi yang semakin ramai, film ini patut diberi kesempatan.

Rating PG-13 Director Luc Besson Screenplay Luc Besson Cast Dane DeHaan, Cara Delevigne, Clive Owen, Rihanna, Ethan Hawke, Herbie Hancock, Kris Wu, Sam Spruell Running time 137 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest