Home » Featured » Video Behind-The-Scene “Folklore: Toyol”

Video Behind-The-Scene “Folklore: Toyol”

foklore-toyol-bts-video

Serial antologi horor produksi orisinal HBO Asia Folklore menuju ke akhir. Lima episode sudah lewat dan tinggal satu lagi yang tersisa. Episode kelima di serial ini, “Folklore: Toyol”, datang dari Malaysia. HBO Asia mengajak kita untuk melihat kisah di balik makhluk supernatural ini dalam video behind-the-scene dari episode “Folklore: Toyol” yang disutradarai oleh Ho Yuhang dan dibintangi oleh Bront Palarae. Lihat video BTS-nya di bawah.

Cast dan kru membahas fenomena toyol – atau ‘tuyul’, seperti yang kita kenal di Indonesia – yang menjadi makhluk supernatural terpilih di episode ini. Tak jauh berbeda dari tuyul yang kita kenal di dalam negeri, toyol Malaysia pun dikenal sebagai makhluk berbadan kecil yang nakal, tukang mencuri dan membantu pemiliknya untuk mendapatkan harta. Tapi seperti kata aktor Redza Minhat, pemeran Aslan, di awal video behind-the-scene “Toyol”, ia pernah mendengar “versi lain di mana toyol bisa jadi sangat jahat terhadap orang lain, terutama dalam perkara bisnis.” Palarae pun mengenalnya: “Toyol bisa jadi jahat dalam kasus cinta, hasrat dan gairah.”

Yuhang sebagai sutradara tertarik memilih toyol setelah pilihan pertamanya, kuntilanak atau pontianak, diangkat oleh kreator serial ini Eric Khoo sebagai makhluknya di episode “Nobody”. Pendekatannya terhadap toyol adalah untuk memperlihatkan mitosnya saja. “Bagiku, seluruh ide tentang ilmu hitam ini berfokus bukan hanya pada prakteknya saja, tapi untuk menyelami hasrat manusia,” ungkapnya di video di bawah. “Terutama dalam cerita tentang orang yang ingin punya keluarga dan tidak bisa melakukannya.”

Folklore memang telah membuktikan bahwa, walaupun dikemas sebagai tontonan horor, acara ini sebenarnya lebih tertarik untuk menyorot kondisi masyarakat Asia zaman sekarang. Berbagai kisah horornya menyimpan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi, seperti rasa kekeluargaan yang kuat, hubungan orang tua dan anaknya, dan kesejahteraan sosial orang-orangnya.

Seusai menonton video behind-the-scene “Toyol”, simaklah juga trailer untuk episode terakhir serial ini, “Folklore: Mongdal” dari Korea Selatan yang disutradarai oleh Lee Sang Woo. “Mongdal” akan tayang pada Minggu, 11 November, pada pukul 21.00 WIB. Amanda Aayusya

Video BTS Toyol

”Folklore: Mongdal” Trailer

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest