Home » Featured » Wage, Biopic Noir dari John De Rantau

Wage, Biopic Noir dari John De Rantau

wage-film-john-de-rantau

Kehidupan tokoh terkenal adalah salah satu bahan menarik untuk diangkat ke layar lebar. Tetapi ada kalanya tidak cukup bahan pustaka untuk menuliskan ceritanya. Bagaimana caranya membuat film biografi dengan bahan yang minim? Sineas John De Rantau punya solusinya, yakni dibuat versi noir. Itulah yang dilakukannya untuk proyek terbarunya yang berjudul Wage.

Wage adalah film noir yang mengungkap sisi-sisi gelap beliau yang belum diketahui,” demikian ucap John usai pemutaran film Wage di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (28/10).

Wage yang dimaksudkannya adalah sosok Wage Rudolf Supratman, seorang komponis yang menciptakan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Lagu ini dikumandangkan pertama kali di muka umum saat Kongres Pemuda, 28 Oktober 1928, di Jakarta.

John menggarap sosok kelam sang seniman yang dianggap penjahat, sehingga dikejar-kejar Belanda. Wage juga tokoh yang kehidupannya tragis, mati muda di usia 35 tahun.  Padahal sebelumnya hidup mewah sebagai musisi jazz beken di Makassar, namun semua dia tinggalkan demi perjuangan kemerdekaan.

Wage bukan sekadar film biopic, melainkan drama noir, cerita perburuan buronan dengan polisi, dan penjahatnya justru Wage. Banyak hal dalam kehidupannya yang belum diketahui masyarakat, termasuk sebagai jurnalis dan novelis,” tutur John lagi.

Hal menarik, sejarawan Asvi Warman Adam pernah mencatat, tahun ‘80an PT Produksi Film Negara pernah berencana membuat film Wage Rudolf Supratman. Bahannya sudah ditulis oleh Umar Nur Zain, bahkan sudah diterbitkan oleh penerbit Sinar Harapan. “Namun rencana itu batal karena ada film yang lebih penting. Sehingga film itu tidak pernah jadi dibuat.”

Film Wage diproduksi oleh Opshid Media Untuk Indonesia Raya dan dibintangi Rendra Bagus Pamungkas, Teuku Rifnu Wikana, Putri Ayudya, Prisia Nasution, Wouter Zweers, Ecky Lamoh. Sedangkan rencana rilis di bioskop mulai tanggal 9 November 2017. Bobby Batara

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest