Home » Featured » Yowis Ben 2 – Review

Yowis Ben 2 – Review

From east to west

All Film Star Rating 6

yowis-ben-2-review

Kesuksesan yang diraih oleh film pertama Yowis Ben yang ditonton lebih dari 900 ribu orang membuat Starvision tidak ingin lama-lama lagi membuat sekuelnya, Yowis Ben 2. Hanya berjarak sekitar satu tahun, film ini melanjutkan cerita empat sekawan Bayu (Bayu Skak), Nando (Brandon Salim), Doni (Joshua Suherman) dan Yayan (Tutus Thomson) yang memiliki band bernama Yowis Ben.

Film dibuka di acara kelulusan sekolah tempat para personil Yowis Ben bersekolah. Band mereka sudah cukup terkenal di kota Malang. Tapi mereka ingin lebih besar lagi. Mereka menyewa manajer baru bernama Cak Jim (Timo Scheunemann) yang berjanji akan membesarkan nama Yowis Ben.

Setiap personil Yowis Ben memiliki masalahnya masing-masing di film ini, yang dicoba untuk diceritakan dengan porsi yang adil. Bayu baru saja diputuskan pacarnya, lalu ia juga membutuhkan uang untuk membayar kontrakan ibunya. Yayan baru saja menikah dan istrinya sedang hamil. Sementara Nando stres karena ayahnya akan menikah lagi dengan penyanyi dangdut. Terakhir, ada Doni dengan masalahnya yang paling sederhana: ia hanya ingin punya pacar.

Film ini mencoba menawarkan sesuatu yang baru dan karena itu cerita dibawa ke kota Bandung. Kita bisa melihat perpaduan dua budaya dan juga bahasa yang berbeda, yaitu Jawa dan Sunda. Perpaduan antara keduanya itu kadang bisa membuat kita tertawa. Walaupun banyak cerita bertempat di Bandung, untungnya Yowis Ben 2 tidak tidak terjebak untuk menyuguhkan klise dari berbagai landmark Bandung, misalnya. Bandung sudah cukup terwakili oleh angkot, bahasa, dan juga cameo yang ada.

Sayang, film ini tidak bisa mengungguli film pertamanya. Walau ada beberapa momen yang lucu, tapi secara keseluruhan, film pertama jauh lebih kocak. Dari segi lagu pun, film pertama juga menawarkan lebih banyak lagu yang catchy. Konflik yang disuguhkan memang lebih banyak jumlahnya, tapi penyelesaian dari semuanya juga mudah. Bagusnya, film ini tidak mencoba untuk menggurui. Persahabatan dan persaudaraan itu sangat penting. Bayu akhirnya menyadari hal ini. Chemistry antar para pemain, khususnya para personil Yowis Ben juga tersaji dengan apik.

Sama seperti film pertama, untuk para penonton yang sama sekali tidak mengerti bahasa yang dipakai di film ini, tidak perlu khawatir. Yowis Ben 2 hadir lengkap dengan subtitle untuk dialog-dialog dan lagu-lagu yang tidak menggunakan bahasa Indonesia. Fariz Budiman

Nutshell… Jika kalian penasaran dengan nasib Yowis Ben di film pertama, maka film ini bisa menjawab rasa penasaran kalian. Filmnya masih cukup menghibur dan mengundang tawa, walaupun tetap tidak lebih bagus dari yang pertama

Rating PG-13 Director Fajar Nugros Screenplay Bagus Bramanti Cast Bayu Skak, Timo Scheunemann, Brandon Salim, Joshua Suherman Running time 109 mins

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest